Wenger Sebut akan Ada Teknologi Baru Untuk Masalah Offside - Vivagoal.com
Inggris Disarankan Pecat Southgate dan Angkat Wenger Sebagai Pelatih
Arsene Wenger, Foto: dok Bola net

Wenger Sebut akan Ada Teknologi Baru Untuk Masalah Offside

Irman Maulana - October 13, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Mantan manajer Arsenal, Arsene Wenger yakin bahwa butuh waktu terlalu lama untuk membuat keputusan soal offside melalui VAR, yang menurutnya proses tersebut harus dibuat lebih cepat.

Arsene Wenger kembali menjelaskan soal inovasi terbaru yang nantinya diterapkan dalam dunia sepakbola modern. Wenger yakin keputusan soal offside akan diambil oleh bantuan teknologi secara khusus di tahun depan.

Teknologi tampaknya bakal semakin memiliki peran, terutama dalam setiap keputusan wasit di seluruh pertandingan. Saat ini, teknologi garis gawang dan VAR, jadi dua inovasi yang sudah berlaku di seluruh dunia.

Meski begitu, Wenger mengatakan penerapan teknologi pada dunia sepakbola tak hanya berhenti pada garis gawang dan VAR saja. Menurutnya, akan ada inovasi terbaru untuk mempermudah kinerja wasit dalam memberi keputusan soal offside.

Wenger sendiri kini merupakan sosok yang bertanggung jawab atas pengembangan sepakbola global di FIFA. Ia percaya VAR sekarang terlalu lambat dalam membuat keputusan offside dan merasa harus disederhanakan saat Piala Dunia 2022 tiba.

“Kami harus terus maju dalam kecepatan pengambilan keputusan, terutama dalam hal offside,”ujar Wenger dilansir Goal.


Baca Juga:


“Pada 2022 di Piala Dunia, kami akan jauh lebih mampu membuat keputusan offside dengan sangat cepat. Bisa menghentikan permainan lebih sebentar, karena itulah kesalahan VAR. Ada peningkatan emosional yang nyata, tetapi setelah itu kamu harus tahu apakah menginginkan keputusan yang adil atau tidak.

“Ada peluang bagus bahwa offside akan otomatis terjadi di Piala Dunia 2022. Saya terikat dengan kerahasiaan, tetapi ini akan menjadi perkembangan besar berikutnya dalam perwasitan.”

Terlepas dari kritiknya terhadap VAR, Wenger yakin itu memiliki dampak positif pada permainan. Wenger menilai penerapan teknologi ini telah menghasilkan lebih sedikit kesalahan wasit, khususnya dalam pertandingan besar.

“Saya pikir itu positif, karena jika diumumkan besok, orang akan menentangnya. Kami menyadari di pertandingan-pertandingan yang menentukan bahwa VAR mampu mencegah pengambilan keputusan yang buruk,” tambahnya.

“Tetapi ada hal-hal yang masih perlu disempurnakan. VAR adalah proses baru. Level orang-orang VAR mungkin tidak setingkat wasit. Tapi itu akan datang dalam beberapa tahun.

“Ada masalah karena membutuhkan banyak orang dan masih mahal. VAR adalah bantuan yang berguna dan harus tetap membuat keputusan yang lebih adil. Sebelumnya, ada 93 persen keputusan yang adil dan hari ini adalah 97%. Jadi itu ratusan keputusan di seluruh kejuaraan. Ini penting.”

Selalu update kabar terbaru seputar dunia sepakbola hanya di Vivagoal.com