10 Gelar dalam 10 Musim, Bayern Munich Membuat Bundesliga Jadi Membosankan - Vivagoal.com
10 Gelar dalam 10 Musim, Bayern Munich Membuat Bundesliga Jadi Membosankan

10 Gelar dalam 10 Musim, Bayern Munich Membuat Bundesliga Jadi Membosankan

Muhammad Ilham - April 28, 2022
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

VivagoalBundesligaBayern Munich sukses meraih gelar ke-10 mereka dalam 10 musim terakhir. Pantaskah Bundesliga jadi liga paling ‘membosankan’?

Sepakbola merupakan sebuah olahraga yang paling diminati di dunia saat ini. Maka dari itu, pemberitaan, penayangan TV, serta penjualan yang menggunakan embel-embel sepakbola, hampir bisa dipastikan laku.

Keseruan sepakbola tidak hanya terletak di permainannya saja, melainkan kompetisinya. Hal tersebut membuat Liga Inggris sebagai liga paling banyak ditonton di dunia karena liga ini adalah liga sepakbola paling kompetitif di Eropa. Semua tim memiliki peluang untuk bisa menjadi juaranya, terlihat ketika Leicester City menjuarai Liga Inggris 2015/16.

Tidak tertebak siapakah pemenang liga, bahkan pemenang di satu pertandingan, membuat Liga Inggris jauh unggul daripada liga lain untuk urusan popularitas. Walaupun begitu, tidak membuat liga-liga lain seperti LaLiga, Ligue 1, ataupun Serie A membosankan untuk ditonton. Liga-liga tersebut tetaplah seru untuk ditonton juga.

Namun, jika berbicara mengenai liga yang paling ‘membosankan’ untuk ditonton ataupun diikuti, mungkin Bundesliga menjadi jawabannya. Jawaban tersebut bisa dijelaskan dalam satu kalimat: dominasi berujung basi.

Pekan lalu, Bayern Munich sukses untuk mengukuhkan bahwa mereka adalah juara Bundesliga 2021/22. Gelar tersebut terasa spesial (bagi die Roten) karena mampu menjadi juara setelah mengalahkan rival mereka, Borussia Dortmund, di kandang mereka, Allianz Arena. Raihan gelar tersebut menjadi gelar ke-10 bagi Bayern Munich dalam 10 musim terakhir Bundesliga.

Bagi para fans Bayern Munich, prestasi tersebut tentunya sangat membanggakan. Apalagi, dilansir dari Twitter @Squawka, Bayern Munich menjadi tim yang paling mendominasi di Bundesliga. FC Hollywood sukses meraih 31 gelar Bundesliga, delapan gelar lebih banyak dibandingkan gelar Bundesliga yang diraih oleh seluruh tim Jerman saat ini.


Baca Juga:


Hal tersebut melahirkan sebuah pernyataan bahwasanya Bundesliga saat ini sudah berganti nama menjadi Bayernliga. Tentunya, ucapan tersebut juga dilandasi dari dominasi Bayern Munich yang terlalu besar.

Dengan adanya dominasi tersebut pasti banyak orang yang mulai bosan dengan Bundesliga. Pasalnya, mereka bahkan sudah menebak siapa yang akan menjadi juaranya sebelum liganya berjalan. Sudah pasti, mayoritas orang menjawab Bayern Munich lah yang akan keluar sebagai juaranya.

Dominasi tersebut juga melahirkan permasalahan lain seperti hak siar, transfer pemain, dan lain-lain. Orang akan lebih memilih menonton Bayer Munich dibandingkan klub-klub lain di Bundesliga karena mereka senang dengan pemenang. Perihal transfer pemain pun juga sudah muncul di mana banyak pemain-pemain Borussia Dortmund yang hijrah ke Bayern Munich dengan embel-embel ‘menjadi pemenang’.

10 Gelar dalam 10 Musim, Bayern Munich Membuat Bundesliga Jadi Membosankan
Sumber: Twitter @FCBayern

Lantas, bagaimana nasib tim-tim lain? Mereka hanya bisa mendapatkan pamor, gelar, dan popularitas di luar Jerman dari Liga Champions, Liga Eropa, maupun Liga Konferensi Eropa. Selain itu? Hanya mengandalkan identitas sebuah klub saja.

10 musim berturut-turut menjadi juara, Bayern Munich memang mendominasi. Namun, hal tersebut semakin memantapkan pernyataan bahwa dominasi berujung basi. Akan tetapi, terlepas dari dominasi Bayern Munich, Bundesliga tetaplah liga yang sangat menyenangkan untuk ditonton.

Selalu update berita bola terbaru seputar Bundesliga hanya di Vivagoal.com