300 Pemain Bergabung dengan Ibrahimovic Siap Gugat EA Sports
ibrahimovic-EA

300 Pemain Bergabung dengan Ibrahimovic Siap Gugat EA Sports

Arie Lihardo - December 2, 2020
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – IGL – Agen kenamaan Mino Raiola menyatakan bahwa sekitar 300 pemain bergabung dengan Zlatan Ibrahimovic dan siap menggugat EA Sports terkait masalah hak cipta di game FIFA.

Punggawa AC Milan pada pekan kemarin (24/11) membuat sebuah cuitan di Twitter dan meluapkan kekesalannya ketika mengetahui jika wajah dan namanya dipakai oleh EA ke FIFA 21 tanpa izin darinya, hal itu pun disambut oleh pemain lain, yakni Gareth Bale.

Menurut laporan Sportbible, AC Milan sebagai tim yang dibela Ibra memang telah menjalin kerja sama dengan pihak EA untuk menggunakan pemain sebagai karakter di dalam game, termasuk stadion, dan perlengkapan mereka. Namun, pria berusia 39 tahun itu menegaskan kalau dia tidak memberi izin untuk citra dirinya sendiri.

Menganggapi hal tersebut, Raiola yang merupakan agen dari Ibra memberikan komentar bahwa bukan cuma Ibra atau Bale yang protes atas tindakan EA mencatut citra sejumlah atlet sepak bola untuk tujutan komersil dan tanpa izin.

“Kami akan terus maju, jika perlu, melawan FIFA dan FIFPro dan semua orang yang menjual hak cipta di mana sebenarnya mereka tidak memilikinya. Ini adalah salah satu aib terbesar yang melibatkan FIFA, mereka ingin melemahkan posisi para pemain untuk menjadi budak. Tapi saya tidak akan mengizinkannya,” pungkas Raiola kepada The Telegraph.


Baca Juga:

Dia berpendapat, Ibra bukanlah boneka yang bisa seenaknya diperintah untuk melakukan sesuatu yang tidak ingin dilakukannya.

“Pertanyaannya sangat sederhana: FIFA dan FIFPro mendapatkan keuntungan atas hak cipta yang dibeli oleh EA Sports dari mereka, tetapi EA membeli hak cipta yang FIFA dan FIFPro tidak miliki. Hak citra individu dari pemain tidak ada di FIFA, FIFPro atau AC Milan. Hak tersebut adalah milik pemain itu sendiri,” terangnya.

Raiola pun mengingatkan, jika EA terus melanjutkan bisnis mereka seperti ini, sang agen dengan ratuan pemain lainnya yang merasa bernasib sama dengan Ibra, bakal mengajukan gugatan ke pengadilan.

Selalu update berita terbaru seputar Indonesia Gaming League hanya di vivagoal.com