5 Fakta Michel Platini, Legenda Juventus

0
406

2. Hampir Frustasi Berada di Juventus

Platini

Usai bermain di Saint-Etienne , Platini akhirnya pergi ke klub Serie A, Juventus. Disana, ia mewarisi jersey nomor 10 dari Liam Brady yang baru saja hengkang dari klub. Di Juventus, banyak memiliki pemain yang menampilkan banyak anggota skuad Piala Dunia Italia. Bersama Bianconeri, Platini mengalami adaptasi yang cukup lama dengan sepakbola Italia.

Dia merupakan target di media olahraga Italia. Dia terus dikejar dan dituntut untuk menunjukkan penampilan terbaiknya. Bahkan, ia nyaris meninggalkan Italia di musim pertamanya.

Baca Juga: 5 Fakta Sang Legenda Brasil, Rivaldo Ferreira

Platini dan rekan setimnya Zbigniew Boniek berhasil melakukan perubahan taktik, dan di paruh kedua musim Juventus, Platini memberikan kemajuan yang signifikan. Akhirnya, nasib mereka berubah drastis.

Di Juventus, mereka mencapai final Piala Eropa , kalah dari Hamburger SV. Akan tetapi Platini CS berhasil memenangkan Piala Italia pada musim keduanya di Italia.

3. Penghargaan Platini di Juventus

Platini

Usai telah puas bermain di Ligue 1, akhirnya Platini memutuskan untuk hengkang ke luar Prancis dan bergabung dengan klub raksasa Italia, Juventus.

Disana, ia langsung dipercaya untuk menggunakan jersey dengan nomor punggung 10. Platini berhasil membantu Juventus untuk mendapatkan 2 trofi Serie A dan 1 Coppa Italia.

Baca Juga: 5 Fakta Sang Legenda Jerman, Lothar Matthaus

Di kancah level Internasional, Platini juga mampu membawa Juventus meraih trofi Liga Champions pertamanya di tahun 1985 usai sebelumnya hanya finis di posisi runner up pada tahun 1983.

Selain itu, Platini juga berhasil mendapatkan gelar diantaranya Winners Cup, UEFA Super Cup dan Intercontinental Cup. Di kancah lokal, Platini berhasil dinobatkan menjadi top skor tiga kali secara beruntun, yaitu pada tahun 1983,1984, dan 1985.

Tidak hanya itu, Platini juga menjadi top skor Liga Champions 1985. Gelar individu lain yang ia dapatkan diantaranya trofi Ballon d’Or di tahun 1983, 1984 dan 1985, menjadikannya pemain pertama dengan 3 trofi Ballon d’Or secara beruntun.

Selama 5 musim di Juve, Platini telah memainkan 222 pertandingan dan mencetak 103 gol diajang semua kompetisi yang dia mainkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here