5 Fakta Michel Platini, Legenda Juventus

0
406

5. Usai Pensiun, Ditunjuk Jadi Presiden UEFA

Platini

Tidak hanya sukses berkarir menjadi pemain sepakbola, Platini juga pernah ditunjukr sebagai pelatih timnas Prancis sejak tahun 1988 sampai 1992.

Menjadi pelatih, pemain legenda Juventus itu sukses membawa timnas Prancis lolos ke ajang EURO 1992 dengan rekor 19 laga tak terkalahkan. Sehingga, saat itu Platini sempat diberi penghargaan Manager of the Year pada tahun 1991.

Akan tetapi sayang, penampilan timnas Prancis dalam ajang Piala Eropa 1992 terbilang cukup buruk. Bahkan, anak asuh Michel Platini tersingkir terlebih dahulu di babak awal. Usai pertandingan tersebut, ia kemudian terpaksa mundur dari jabatan pelatih.

Baca Juga: 5 Fakta Robby Darwis, Legenda Persib Bandung

Tak hanya menjadi pelatih, Platini juga pernah meniti karir di administrasi sepakbola. Ia dipercaya untuk memegang amanat menjadi Presiden UEFA sejak tahun 2007 sampai 2015.

Pada saat itu, ia sempat membuat sejumlah kebijakan positif di persepakbolaan terutama di Eropa. Adapun contoh kebijakannya diantaranya mengubah format Liga Champions dan Liga Eropa.

Platini juga sempat melarang kebijakan transfer pemain di bawah 18 tahun dan menambah jumlah kontestan dalam ajang Piala Eropa dari 16 menjadi 24 klub.

Kendati demikian, mantan pelatih timnas Prancis tersebut sempat terlibat kasus korupsi sehingga dia dihukum tidak boleh terlibat dalam dunia olahraga selama 8 tahun.

Selalu update berita terbaru seputar 5 Fakta hanya di Vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here