5 Fakta Pelatih Inggris Terukses Sepanjang Masa - Vivagoal.com
5 Fakta Pelatih Inggris Terukses Sepanjang Masa

5 Fakta Pelatih Inggris Terukses Sepanjang Masa

Heri Susanto - October 14, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal Berita BolaSebagai negara yang mengaku menemukan sepakbola, Inggris boleh dibilang selalu menghasilkan pelatih-pelatih kelas medioker. Hal ini jelas menjadi anomali tersendiri. Tak banyak dari mereka yang menuai sukses. Namun, ada pula beberapa nama yang dibilang sukses meninggalkan legacy besar bagi pesepakbolaan di Britania Raya.

Mediokernya pelatih asal Inggris bisa dilihat dari sejauh mana mereka berkelana. Semakin bertahan di Inggris maka mereka akan jalan di tempat atau bahkan mengalami kemunduran. Para pelatih pengelana macam Jose Mourinho, Carlo Ancelotti, Fabio Capello hingga Giovanni Trappatoni mendulang prestasi di berbagai negara. Mentalitas mereka sudah terbangun jauh.

Tak percaya Inggris punya pelatih yang medioker? Coba tengok berapa banyak manajer yang melatih tim-tim Premier League. Hanya ada empat nama yang menukangi tim. Dean Smith (Aston Villa), Graham Potter (Brighton), Sean Dyce (Burnley) dan Steve Bruce (Newcastle United). Hanya ada empat nama yang melatih tim tier atas Inggris. Sejatinya masih ada dua nama lain yang berasal dari teritori Inggris Raya. Namun, David Moyes dan Brendan Rodgers tak masuk hitungan lantaran berasal dari Skotlandia dan Irlandia Utara

Bicara soal prestasi, empat nama asal Inggris itu jelas bukan jaminan mutu untuk mendobrak big six Premier League yang sudah terstruktur kurang lebih 10 tahun belakangan. Mentok-mentok di akhir musim nanti, empat nama di atas hanya akan membawa tim asuhannya di papan tengah atau yang paling parah, bertempur menghindari zona degradasi. Pelatih asal Inggris sejatinya masih memilik tempat untuk melatih, tapi di tim Championship, Skotlandia hingga tier-tier bawah lain, cwakz.


Baca Juga:


Tak hanya itu, Gareth Southgate, pelatih Timnas mereka juga terbilang medioker. Apa jadinya Southgate tanpa pemain bintang yang ada di tim tiga Singa? Hanya melatih Middlesbrough yang saat ini mentas di Championship. Bahkan diberikan pemain berlabel bintang pun, Southgate tetap tak bisa membawa timnya berprestasi. Menyedihkan.

Namun, di balik mayoritas manajer Inggris yang medioker, masih ada beberapa nama yang sukses meninggalkan sejarah panjang dan cerita terkait kesuksesannya ke anak cucu kelak. Bahkan, kehebatan mereka dalam mencatat sejarah mampu menjadi blue print kesuksesan klub untuk masa mendatang. Siapa saja? Berikut daftarnya.