5 Fakta Pemain Aboard Indonesia Tersukses - Vivagoal.com
5 Fakta Pemain Aboard Indonesia Tersukses

5 Fakta Pemain Aboard Indonesia Tersukses

Heri Susanto - March 30, 2022
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal Berita Bola Saat ini, banyak pemain berdarah Indonesia yang mencari peruntungan di luar negeri. Media lokal menyebutnya sebagai pemain aboard. Namun hanya sedikit di antara mereka yang sukses menuai prestasi di negeri orang.

Sejak tiga musim ke belakang, banyak pemain Indonesia yang mengadu nasib ke Eropa. Egy Maulana Vikri seakan menjadi gerbong pembuka ekspansi pemain nasional ke Lechia Gdanks  pada 2018 lalu. ia jarang tampil bersama tim asal Polandia dan kemudian p]utuskan hengkang ke FK Senica pasca kontraknya rampung.

Setelahnya, nama-nama lain pun bermunculan. Brylian Aldama mentas di Kroasia bersama HNK Rijeka dan Witan Sulaeman tim asal Serbia, Radnik. Nama pertama baru-baur ini kontraknya diputus lantaran tak memberikan perkembangan yang diinginkan klub. sementara Witan saat ini mentas di FK Senica bersama Egy.

Di luar tiga nama tersebut masih ada Yanto Basna yang malang melintang di Thailand. Karir Yanto di Negeri Gajah Putih lumayan bersinar. Sejak merantau pada 2018, ia mentas bersama tiga tim berbeda. Terakhir bersama PT Prachuap, ia sempat mentas 19 kali sejak 2020 lalu.


Baca Juga:


Di antara nama-nama tersebut, jejak pemain Indonesia yang mentas di luar negeri lumayan panjang. Sejak era Ricky Yakobi yang mentas di Liga jepang, berbagai nama sudah banyak mentas di luar. Bahkan, beberapa di antaranya mampu catatkan prestasi untuk tim-tim yang dibelanya.

Bahkan, dari lima nama yang tersemat di bawah, dua di antaranya pernah catatkan rekor sensasional yang bakal selalu dikenang meski mereka sudah lama pensiun dari dunia sepakbola. Vivagoal sudah menyematkan lima pemain terbaik Indonesia yang berprestasi di luar. Berikut daftarnya.