5 Fakta Pemain Berpredikat ‘Raja Udara’ - Vivagoal.com
Raja Udara

5 Fakta Pemain Berpredikat ‘Raja Udara’

Dimas Sembada - February 25, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal  5 Fakta –   Banyak cara dilakukan para pesepakbola untuk menciptakan gol. Selain melalui kaki, sundulan kerap menjadi senjata andalan untuk memecah kebuntuan.

Cristiano Ronaldo, baru saja mencetak dua gol indah lewat sundulan bersama Juventus di pekan ke-23 Serie A Italia. Menerima umpan silang, pemain asal Portugal itu mampu mengkonversi dua peluang menjadi gol. 

Sundulan memang menjadi salah trademark pemain berjuluk CR7 tersebut. Punya lompatan yang luar biasa tinggi, bukan hal sulit buatnya merobek jala lawan dengan kepalanya. 

Tapi tahukah Anda, selain Ronaldo ada beberapa pemain yang berhasil membuat lompatan nan tinggi dan punya trademark sebagai raja udara lantaran kerap mencetak gol melalui sundulan.

Vivagoal kali ini merangkum 5 pemain yang punya sundulan mematikan plus lompatan tinggi yang kadang diluar nalar. Berikut daftar selengkapnya:

1.Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo
Foto: BR Football

Masih ingat dengan laga antara Juventus kontra Sampdoria pada 19 Desember 2019? Kala itu Ronaldo mencuri perhatian lewat gol indahnya melalui kepala. 

Memanfaatkan umpan silang Alex Sandro di sisi kanan pertahanan Sampdoria, Ronaldo yang berada di dalam kotak penalti melakukan lompatan super tinggi dan menanduk bola tanpa bisa dihalau penjaga gawang Sampdoria. 

Dikutip dari BBC, sebelum menceploskan bola ke gawang Sampdoria, Ronaldo melakukan lompatan setinggi 71cm dari permukaan tanah. Secara keseluruhan, lompatan Ronaldo ini mencapai 2,56 meter setelah ditambah tinggi badannya dan dia mampu bertahan di udara selama 1,5 detik. 

Catatan Ronaldo ini jauh lebih baik dibanding rata-rata lompatan pemain NBA yang hanya berada di angka 60-70cm saja.

2. Bevis Mugabi

Bevis Motherwell
Foto: Motherwell FC

Bek internasional Uganda milik Motherwell, Bevis Mugabi, diam-diam punya lompatan lebih tinggi dibanding Ronaldo. Sang pemain secara resmi melampaui lompatan rekor Cristiano Ronaldo ketika ia mencetak gol sundulan ke gawang Ross County.

Dalam pertandingan tersebut, memanfaatkan situasi tendangan bebas, Bevis Mugabi melompat sejauh 2,62 meter dengan lompatan 75 cm dari atas tanah. 

Usai memecahkan rekor tersebut, Mugabi sempat menyampaikan pesan kepada Ronaldo. Meski bercanda, dia menantang Ronaldo untuk kembali memecahkan rekornya.

“Dia orang yang sangat kompetitif jadi saya mungkin perlu memberinya DM dan berkata, ‘Bro, Anda perlu meningkatkan permainan Anda’,” canda Mugabi, dikutip dari The Sun.

3.Tim Cahill

Cahill
Foto: Skysports

Penyerang asal Australia, Tim Cahill, mungkin tak pernah masuk daftar dalam salah satu juru gedor terbaik di dunia. Tapi jangan ragukan kemampuan sundulan Cahill. 

Tengoklah bagaimana gol-golnya bersama Everton. Pandai melakukan positioning banyak jaringan yang diciptakannya lewat kepala. Menerima umpan-umpan matang dan menyelesaikannya lewat tandukan adalah spesialisasinya. 

Punya postur tak begitu menjulang (1,78 cm) membuat Cahill layak masuk daftar. Kecerdikannya mengantar si pemain jadi salah satu pemain yang punya trademark dengan gol-gol melalui kepala. 

Sepanjang kariernya, menurut Transfermarkt, Cahill mampu menorehkan 139 gol bersama berbagai klub. Sayang tak ada catatan pasti soal berapa gol yang diciptakannya melalui sundulan di sepanjang kariernya.

4.Peter Crouch

Crouch

Berbicara soal  Peter Crouch, dengan tinggi yang menjulang mencapai 2,1 meter, umpan-umpan silang bak santapan empuk buat eks Liverpool tersebut. Malang melintang di banyak klub Liga Inggris, Crouch memegang rekor sebagai pemain dengan jumlah gol sundulan terbanyak. 

Merujuk pada laman resmi Liga Inggris, sepanjang kariernya di Inggris, Crouch berhasil mengemas 40 gol lewat tandukan. Di posisi kedua ada Olivier Giroud, juru gedor Chelsea yang mengemasa 32 gol sundulan. 


Baca Juga: 


Sepanjang kariernya, pemain kelahiran Macclesfield tersebut berhasil mengemas 188 gol dari 682 penampilan  di berbagai ajang.

5.Bambang Pamungkas

Bambang
Foto: Istimewa

Dari tanah air, Bambang Pamungkas, memegang predikat sebagai raja udara. Mantan kapten Tim Nasional tersebut memang dikenal punya lompatan tinggi dan kerap merepotkan lewat sundulan-sundulannya. 

Melayang di udara adalah ciri khas legenda Persija Jakarta saat masih aktif bermain. Tengoklah bagaimana golnya di Pra Piala Asia kontra Kuwait. 

Diserang sejak laga bergulir, Indonesia punya kesempatan emas lewat situasi tendangan penjuru. Kala itu, Ismed Sofyan yang jadi algojo memberi umpan ciamik ke tengah kotak penalti, Bambang yang datang dari belakang melayang dengan lompatan tinggi sebelum mencocor bola ke gawang tuan rumah.

Hanya punya postur 170 cm, kombinasi dari lompatan, timing, positioning dan kecerdasan membuat sundulan Bambang amatlah mematikan. Pemain yang akrab disapa Bepe tersebut mengakui lewat website pribadinya, perlu kerja keras untuk bisa punya lompatan tinggi seperti yang dia sering pertontonkan dalam pertandingan. 

“Dengan memberi latihan ekstra pada kekuatan otot kaki seperti ankle, betis, paha bagian depan, serta bagian belakang. Tujuannya agar saya mampu melompat lebih tinggi. 

“Disamping itu saya juga melatih keseimbangan, dan “timing” dalam melakukan lompatan. Tidak terburu-buru, namun juga jangan sampai terlambat,” tulis Bambang.

Selalu update berita bola terbaru seputar sepak bola dunia hanya di Vivagoal.com