5 Fakta Wayne Rooney, Penyerang Tersukses Inggris - Vivagoal.com
Wayne Rooney

5 Fakta Wayne Rooney, Penyerang Tersukses Inggris

Dimas Sembada - January 19, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal 5 Fakta –  Wayne Rooney  telah resmi memutuskan gantung sepatu. Kini mantan Manchester United itu merajut karier seabagai manajer bersama Derby County.

Menutup karier bersama County, Rooney lantas langsung membesut klub terakhirnya itu. Memang, sebelum memutuskan pensiun, sosok yang mulai bersinar bersama Everton itu sempat menjadi player-manager bagi County saat Phillip Cocu dipecat tahun lalu.

Frank Lampard, mantan rekan setim Rooney di Timnas Inggris menyebut keputusan Rooney pensiun dan memulai karier kepelatihan di Derby County sebagai langkah yang tepat. Kesuksesan bukan hal yang sulit diraih untuk sosok pekerja keras seperti Rooney.

“Saya telah melihatnya di tempat latihan dan betapa dia ingin melakukannya. Menang dan bekerja dalam lingkungan profesional. Itulah yang mendorong kami dalam permainan ini. Saya berharap dia baik-baik saja dan dia berada di klub yang hebat untuk memulai,” tutur Lampard dikutip Tribal Football.

Sebelum memutuskan menjadi juru taktik, Rooney adalah legenda bagi Man United dan sepakbola Inggris. Sepakterjangnya di Old Trafford dan The Three Lions, membuat sosoknya akan selalu dikenang.

Menyegarkan ingatan, Vivagoal coba merangkum lima fakta kesuksesan dan fakta unik dari Wayne Rooney selama masih berstatus pemain aktif. Berikut ulasan selengkapnya.

1.Pernah Jadi Pemain Muda Termahal Dunia

Rooney
Foto: Planet Football

Titik balik karier Wayne Rooney bermula saat dirinya memilih untuk meninggalkan Everton. Sang pemain kala itu tak terlalu sreg dengan kehadiran David Moyes yang menjabat sebagai pelatih kepala.

Masih berusia 18 tahun waktu itu, Rooney memang tercatat sebagai pemain Hot Prospect. Minta dilepas, The Toffees mati-matian mempertahnkan Rooney dengan menawarkan kenaikan gaji dari £ 8.000 seminggu menjadi £ 50.000 per minggu. Tapi tawaran itu ditolak dan dia memilih hengkang dari Goodison Park.

Newcastle United datang membawa £ 20 juta untuk Rooney, tetapi Everton menolaknya. Namun, ketika Sir Alex Ferguson dari Manchester United mengajukan penawaran sebesar £ 25,6 juta, menyetujuinya dan sang pemain akhirnya hijrah ke Man United.

Dikutip dari Dialy Mail, pada saat itu, bayaran yang dibayarkan untuk Rooney adalah yang tertinggi untuk seorang pemain muda .

2.Top Skor Inggris dan Man United

Rooney; MU Buat Kesalahan Saat Pecat Van GaalWayne Rooney akan tercatat dalam sejarah sebagai salah satu pemain sepak bola terbaik sepanjang masa. Penampilannya mengantar Rooney menjadi pemain dengan gol  terbanyak Manchester United dan Inggris.

Khusus buat Man United, sosoknya begitu melegenda.  Rooney membuat dampak instan di Man United dengan mencetak hattrick pada debutnya dalam pertandingan Liga Champions melawan Fenerbahce.


Baca Juga:


Rooney menjadi pemain termuda yang mencetak tiga gol dalam pertandingan Liga Champions hari itu saat ia berusia 18 tahun 335 hari. Dia meninggalkan Old Trafford dengan 253 gol untuk klub setelah memecahkan rekor 44 tahun dari 249 gol yang dibuat oleh Bobby Charlton dalam 758 pertandingan.

Sedang untuk Timnas Inggris, dia berhasil menjaringkan 53 gol dalam 119 pertandingan. Dia kini memegang titel sebagai topskor untuk Timnas Inggris usai memecahkan  rekor  Charlton yang sudah mencatatkan 49 gol dalam 106 pertandingan.