5 Fakta Tragedi Terbesar dalam Pertandingan Sepakbola - Vivagoal.com
5 Fakta Tragedi Terbesar dalam Pertandingan Sepakbola

5 Fakta Tragedi Terbesar dalam Pertandingan Sepakbola

Heri Susanto - October 3, 2022
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal Berita Bola Dunia sepakbola saat ini tengah berduka menyusul tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (1/10) malam kemarin. Ada beberapa momen serupa yang pernah hinggap di dunia sepakbola.

Sejatinya, berbagai tregedi pilu dalam dunia sepakbola pernah terjadi baik di dalam maupun luar lapangan. Sejarah mencatat agaimana tragisnya indisen yang melibatkan Manchester United pada Munich Air Disaster di tahun 1958. Skuat yang  hendak terbang dari Belgrade ke Manchester mengalami kecelakaan di Munich. Hampir sebagian besar skuat meninggal dunia. Namun Setan Merah mampu bangkit setelahnya.

Sebelum itu, kecelakaan pesawat lain terjadi pada tim Torino di tahun 1949. Torino hang selesai menjalani laga persahabatan kontra Benfica hendak pulang ke Turin. Generasi emas harus berakhir tragis pasca kecelakaan di Superga. Kehebatan Il Torro yang tengah menjadi jagoan di Italia seketika selesai.

Tak hanya di luar lapangan, kisah tragedi sepakbola juga terjadi di sekitaran Stadion. Supporter yang mendukung kesebelasan kerap menjadi korban. Masih segar dalam ingatan bagaimana dua fans Persib Bandung harus meregang nyawa kala bersua Persebaya Surabaya di Piala Presiden 2022 kemarin lantaran terhimpir dan berdesakan saat hendak masuk ke Stadion. Di luar itu, banyak kasus yang melibatkan penonton, terlebih saat laga-laga krusial terjadi.


Baca Juga:


Merangkum dari berbagai sumber, Vivagoal akan memberikan beberapa fakta kelam terkait tragedi sepakbola. Ada lebih dari puluhan korban meregang nyawa lantaran sepakbola. Tiga di antaranya terjadi di masa lampau dan dua lain terjadi di era milenium. Berikut daftarnya.