5 Klub Sepak Bola Paling Tua di Tanah Air

0
1786
5 Klub Sepak Bola Paling Tua di Tanah Air

Vivagoal5 Fakta – Memang sangat penting melihat sejarah lebih dalam lagi tentang sepakbola di negeri Indonesia. Tak hanya, tentang berdirinya Persatuan Sepakbla Seluruh Indonesia atau PSSI namun hadirnya para klub yang usianya jauh lebih tua daripada PSSI

Sejak tahun 1910-an, sepakbola Indonesia bukanlah hal yang baru. Dulu nama sepakbola disebut dengan istilah bal-balan diambil dari bahasa Jawa. Sepakbola Indonesia sudah mulai dipertandingkan oleh orang-orang pribumi sejak para bangsa penjajah.

Diketahui bahwa klub sepakbola tertua di Indonesia adalah Vitora (Surabaya) dan Rood-Wit (Jakarta). Keduanya telah menjadi embrio dan berkembang menjadi sepak bola Indonesia. Perlu diketahui bahwa Rood-Wit berdiri pada tahun 1894, dulu namanya adalah klub kriket.

Baca Juga: 5 Suporter Paling Brutal di Dunia

Akan tetapi, berkembangnya sepakbola di seluruh penjuru dunia, membuat Rood-Wit ikut memeriahkan sepakbola di Indonesia. Tak hanya klub asal Batavia, klub Victoria juga permainan sepak bola.

Seiring dengan populernya sepak bola, klub-klub pribumi pun mulai bermunculan. Klub-klub tersebut akhirnya membentuk suatu bond yang dalam pandangan masyarakat modern merupakan klub secara keseluruhan.

Klub-klub tertua di Indonesia membentuk federasi sepak bola yang saat itu bertujuan untuk perjuangan kemerdekaan. PSSI akhirnya terbentuk berkat kerja keras dari klub pribumi yang ingin berjuang untuk merdeka lewat sepak bola.

Sebagian besar klub tua masih berdiri hingga saat ini. Bahkan beberapa di antaranya menjadi klub yang banyak didukung oleh masyarakat Indonesia. Eksistensi klubn yang yang terus berjalan. Sampai saat ini, klub tersebut masih bisa kita lihat kiprahnya di sepak bola Indonesia.

Berikut VIGO merangkum dan menyajikan 5 klub tertua di Indonesia serta kisah-kisah menarik yang mewarnai perjalanan mereka di perhelatan sepak bola Tanah Air.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here