5 Pemain Asia yang Pernah Juara Liga Inggris

0
579
5 Fakta Pemain Asia

Vivagoal 5 FaktaPemain-pemain Asia sejauh ini masih kerap menjadi nomor dua di sepak bola Eropa. Khususnya Liga Inggris, tak banyak pemain Asia yang akhirnya bersinar di Britania Raya.

Saat ini, bicara pemain Asia paling hebat, mungkin nama Son Heung-Min yang bakal terbesit. Sayangnya, dia bukan yang tersukses sebagai pemain Asia di Premier League.

Tampil apik bersama Tottenham Hotspur sejak hijrah dari Bundesliga, sang pemain belum sekalipun mengamankan trofi major. Langkahnya bersama Si Lili Putih selalu terganjal khususnya untuk menggondol trofi Liga Inggris.

Sebelum era Son Heung-Min, nyatanya banyak pemain asal Asia lain yang telah mencoba peruntungan bersama klub-klub elite Inggris. Sebagian berhasil meraih kesuksesan meski tak jarang juga pemain Asia di Inggris cuma jadi penghangat tim utama.

Pada kesempatan kali ini, Vivagoal bakal mengulas lima pemain Asia yang pernah mengantar timnya untuk menjadi kampiun di Liga Inggris. Berikut daftarnya:

1.Park Ji-Sung

Park Ji SungPark Ji-Sung tercatat jadi pemain Asia paling sukses dalam sejarah Liga Inggris. Pemain asal Korea Selatan tersebut menghabiskan tujuh musim bersama Manchester United disaat mereka berjaya di bawah besutan Sir Alex Ferguson.

Berposisi sebagai gelandang, Ji-Sung mencatat 134 penampilan untuk Setan Merah dan mencetak 19 gol dan akhirnya memenangankan total 13 termasuk trofi EPL selama merumput di Old Trafford.

Penampilan Park sejatinya mengalami pasang surut, tapi dia akhirnya bisa menjadi ikon kesuksesan pemain asal Korea. Dikenal punya etos kerja dan stamina luar biasa, sebutan Three Lungs tersemat pada Park Ji-Sung. Karenanya juga, pemain-pemain asal negeri Ginseng tak lagi dipandang sebelah mata.

2. Shinji Kagawa

KagawaKala Shinji Kagawa tiba di Old Trafford, namanya selalu dikaitkan dengan suksesornya Park Ji-Sung. Berposisi sama dan sama-sama dari Asia, banyak pihak berharap Kagawa bisa menyamai catatan Park Ji-Sung.

Kagawa memulai debut pada Agustus 2012 bersama Setan Merah dan langsung mencetak gol pada pertandingan pertamanya di Old Trafford. Sayang, dia harus berkutat dengan cedera lutut di pertengahan musim.

Total, sang pemain cuma mencatat 20 penampilan di kancah domestik dan mencetak enam gol termasuk trigolnya saat berhadapan dengan Norwich. Dimana catatan itu membuatnya memecah rekor sebagai pemain Asia pertama yang menorehkan trigol ke gawang Norwich.


Baca Juga: 


Saat musim berakhir, Kagawa menjadi pemain Jepang pertama yang memenangangkan Liga Inggris. Sayang kebersamaannya di MU tak bertahan lama setelah David Moyes mendepaknya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here