5 Pemain Indonesia yang Layak Merumput di Luar Negeri - Vivagoal.com
5 Fakta Pemain Indonesia

5 Pemain Indonesia yang Layak Merumput di Luar Negeri

Dimas Sembada - December 15, 2020
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal 5 Fakta – Desember ini, andai tak ada pandemi, Shopee Liga 1 2020 sepatutnya telah melahirkan juara baru.  Sayangnya, penundaan membuat kompetisi tanah air berhenti berputar.

Hingga hari ini tak kunjung ada kejelasan bagaimana nasib lanjutan kompetisi. Imbasnya, para pemain asing lebih memilih meninggalkan Indonesia dengan berbagai alasan ketimbang bertahan dengan segala konsekuensi.

Lantas bagaimana dengan para pemain lokal? Lini masa belakangan banyak mendorong para pemain Indonesia agar lebih berani ambil keputusan merumput di luar negeri.

Rivaldo Tod Ferre, pemain muda milik Persipura lebih dulu terbang ke Liga Thailand dengan status pinjaman bersama Lampang FC. Begitu pula dengan Ryuji Utomo, palang pintu Perija Jakarta, yang memilih merumput di Malaysia Super League dengan Penang FA.

Selain dua pemain di atas, sebenarnya masih banyak nama-nama lain yang layak berkiprah di luar Indonesia. Vivagoal kali ini merangkum lima pemain Indonesia yang pantas merumput di luar negeri. Berikut daftar selengkapnya:

1.Evan Dimas Darmono

5 Pemain Indonesia yang Layak Merumput di Luar Negeri
Foto: iNews

Sebagai salah satu gelandang terbaik Indonesia saat ini, Evan Dimas Darmono, layak untuk melanjutkan karier di luar negeri. Punya skill, bakat dan pengalaman mumpuni, Evan sebenarnya punya modal kuat untuk bersaing di tanah sebrang.

Sebelumnya, pada musim 2018 silam, Evan bersama Ilhamudin Armain sempat mencoba peruntungan di Malaysia Super League. Kala itu, kedua jebolan Garuda Jaya dipinang Selangor FA selama satu musim.

Merujuk pada data dari Transfermarkt, selama berseragam Selangor, Evan mencatatkan delapan penampilan. Dengan total kontribusi berupa 720 menit bermain dan menorehkan dua assists.

2.Stefano Lilipaly

5 Pemain Indonesia yang Layak Merumput di Luar Negeri
Foto: Pikiran-Rakyat

Penyerang Bali United, Stefano Lilipaly, tak perlu diragukan lagi sepak terjangnya di belantara sepakbola tanah air. Lihai di lini depan, Lilipaly bak magnitude bagi Serdadu Tridatu hingga Timnas Indonesia.

Pernah malang melintang di Eropa, khususnya bersama klub-klub Belanda, bersaing di liga-liga luar Indonesia bukanlah hal mustahil buat si pemain. Meski tak lagi muda, tapi merumput di Malaysia Super League, atau Thai League, Lilipaly masih sangat mungkin untuk bersaing.


Baca Juga: 


Sebelumnya, di tengah ketidakjelasan kompetisi, klub asal Malaysia, Kedah FA sempat dihubungkan dengan Lilipaly. Namun hingga saat ini, keseriusan Kedah untuk mendaratkan Lilipaly tak kunjung jadi kenyataan.