5 Stadion Unik dari Seluruh Penjuru Dunia

0
985
5 Fakta Stadion

Vivagoal 5 FaktaLupakan, Allianz Arena, Wembley dan Tottenham Stadium saat membicarakan stadion paling unik di dunia. Meski canggih dan modern, tapi stadion-stadion tersebut masih kalah unik dari beberapa stadion lain.

Sejatinya, banyak parameter yang bisa digunakan untuk menilai sebuah stadion. Dari mulai kualitas lapangan, tribun, fasilitas pendukung hingga bentuk dan design.

Di tanah air, dimana stadion modern masih langka,  perbincangan seolah tak pernah habis. Kadang kita masih berdebat  soal stadion dengan dan tanpa trek atau lapangan atletik.

Sebagian beranggapan, stadion tanpa trek dan lapangan atletik memberikan kepuasan saat menyaksikan pertandingan. Padahal di saat yang bersamaan, negara lain mulai membangun stadion dengan fasilitas terbaik demi mendukung kepuasan penonton.

Nyatanya bukan cuma kemoderenan yang jadi tolok ukur sebuah stadion bisa mengundang kagum. Sejarah, letak geografis, fasilitas yang extraordinary  kadang membuat beberapa stadion selalu dikenang.

Vivagoal kali ini merangkum 5 stadion paling unik yang tersebar di seluruh penjuru dunia. Berikut kami daftarnya:

1.Stadion Vozdovac

FK Vozdovac Stadium Kandang dari FK Vozdovac Belgrad, jadi salah satu yang paling unik yang ada di seluruh dunia. Terletak di Serbia, Stadion Vozdovac dibangun di atas pusat perbelanjaan di Boegrad dengan total kapasitas 5,175 penonton.

Dibangun pada 2012 silam, menyaksikan pertandingan di stadion ini memberi pengalaman tersendiri bagi para pendukung. Bayangkan saja, Anda bisa berbelanja keperluan sehari-hari sebelum atau sesudah pertandingan di tempat yang sama.


Baca Juga: 


Meski berada di atas pusat perbelanjaan, Stadion Vozdovac dinyatakan mematuhi seluruh aturan UEFA. Karenanya, stadion ini juga memenuhi kualitas untuk menggelar pertandingan Liga Champions atau Europa League.

2.Estadio Municipal de Braga

Terletak di Portugal Utara, Estadio Municipal de Braga dinilai sebagai keajaiban arsitektur. Pasalnya, stadion ini dibangun di atas tebing dari tambang di Monte Castro. Arsitek Eduardo Souto de Moura mengatakan dia ingin memadukan ‘alam dan buatan’ dalam desain stadion tersebut.

The Quarry sebutan untuk Estadio Municipal de Braga mulanya dibangun untuk Euro 2004. Dengan dana 83 Juta Euro stadion ini menjadi salah satu saksi saat Portugal menjadi runner-up Euro 2004.

Uniknya lagi, stadion yang kini menjadi kandang Sporting Clube de Braga hanya memiliki dua sisi tribun. Tanpa tribun di belakang gawang,  stadion ini bisa menampung hingga 30,286 penonton.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here