Juventus Lazio
(Image: Situs Resmi Juventus via ligaolahraga.com)

Soal Kontroversi Douglas Luiz, Ini Jawaban Asosiasi Wasit Italia

Irman Maulana - October 21, 2024
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – Serie A – Perwakilan dari Asosiasi Wasit Italia (AIA) coba menjelaskan tentang alasan kenapa aksi gelandang Juventus, Douglas Luiz pada pilar Lazio, Patric tidak mendapat tayangan ulang VAR dini hari tadi WIB.

Kejadian tersebut jadi satu diantara drama yang terjadi pada laga Juventus melawan Lazio dini hari tadi WIB di Allianz Stadium. Laga sendir dimenangkan Juventus dengan skor 1-0 atas Lazio.

Bukan cuma gagal mendapat poin, tapi kubu Biancocelesti geram melihat tingkah dari Douglas Luiz. Pemain asal Brasil itu dianggap telah melakukan hantaman keras pada bek Lazio, Patric.

Namun, wasit tak bergeming dan tidak intervensi apapun dari VAR soal kejadian Luiz ini. Padahal Lazio di babak pertama harus mendapat kartu merah setelah Alessio Romagnoli dianggap melakukan tackle keras dari belakang pada Pierre Kalulu, yang lebih dulu melalui tayangan ulang VAR.

Juventus vs Lazio Luiz
(Foto: Getty Images via inilah.com)

Mereka terutama menanyakan apa yang telah didiskusikan oleh VAR dan apakah mereka telah melihat rekaman yang dipermasalahkan, sehingga sangat penting untuk mendengar tayangan ulang audio tersebut di program DAZN Open VAR.

Dilansir Football Italia, sempat terdengar rekaman audio dari VAR, yang melibatkan wasit, Juan Luca Sacchi. Tapi dalam rekaman itu, Sanchi mengatakan bahwa kontrak dari Luiz tidak disengaja setelah melihat tayangan ulang.


Baca Juga:


Perwakilan AIA, Giuseppe Rocchi kemudian mendapat pertanyaan, apakah itu keputusan yang tepat dalam situasi seperti ini. Menurut Rocchi semua keputusan VAR harus melalui banyak bukti dan pertimbangan, bukan hanya tampilan sekilas saja.

“Ini tentu saja bukan kebetulan dan kami tentu saja tidak menyukai sikap seperti ini. Jika pemain tersebut diusir dari lapangan, kami takkan mengeluh. Demikian pula, ada situasi pada pertandingan Juventus dengan dua pemain saling berhadapan. Kami sekali lagi memutuskan untuk tetap berpegang teguh pada keputusan yang dibuat di lapangan,” ujar Rocchi pada DAZN Italia.

“Saya memahami bahwa VAR tidak melakukan intervensi. Tetapi juga mendesak klub dan para pemain untuk memahami bahwa ini bukanlah sesuatu yang harus didorong. Itu lebih merupakan dorongan daripada pukulan, tetapi kami tetap tidak menyukainya,” tambah Rocchi.

“Sikap ini tentu saja harus dikecam dan saya tidak akan terkejut jika kartu merah diberikan kepada Douglas Luiz. Namun, evaluasi yang mereka lakukan adalah bahwa hal itu membutuhkan sesuatu yang lebih untuk menjadi sebuah kesalahan yang jelas dan nyata.”

Selalu update berita bola terbaru seputar Serie A hanya di Vivagoal.com