Alasan Mengapa Camp Nou Sepi Belakangan Ini

0
2728
Barcelona Kesulitan buat Penuh Camp Nou

VivagoalBerita Bola – Barcelona boleh berbangga punya jutaan fans yang tersebar di seluruh dunia. Namun, bukan hal mudah bagi Barcelona membuat Camp Nou penuh sesak.

Camp Nou sendiri merupakan stadion berkapsitas penonton terbanyak se Eropa. Stadion tersebut berkapasitas 99.354 penonton, terbanyak setelah Wembley dan Signal Iduna Park.

Ironinya meski punya banyak fans, di La Liga musim 2017/18 rata-rata kehadiran penonton di Camp Nou hanya 71% atau 70.568 orang. Angka tersebut merupakan yang terendah sejak musim 2007/08.

Rendahnya penjualan tiket Blaugrana dikarenakan imbas dari Tragedy En Las Ramblas. Tragedi tersebut menyebabkan turis dilarang menyambangi Barcelona.

Baca Juga :  Achraf Hakimi Tolak Balik Ke Madrid

Imbasnya penjualan tiket Barcelona pun menurun. Terbukti laga pertama setelah tragedi tersebut melawan Real Betis hanya setengah kapasitas stadion yang terisi.

“Mungkin orang-orang kehilangan keinginannya untuk menikmati sepak bola. Bagi mereka lebih penting memikirkan hal lain ketimbang sepak bola,” ujar Jordi Cardoner, Presiden Pertama Barcelona dilansir Tifo Football.

 Selain itu juga harga tiket berpengaruh besar terhadap penjualan tiket di Camp Nou. Tiket yang mahal juga turut mempengaruhi kehadiran pendukung di stadion. Tiket individu Barcelona sendiri adalah yang termahal seantero Eropa.

Di musim 2017/18 harga tiket individu yang paling murah dibanderol seharga 39 Euro atau sekitar Rp.650.000. Itupun hanya untuk pertandingan melawan tim-tim promosi sekelas Deportivo Alves.

Namun rata-rata harga tiket di Camp Nou dipatok seharga 40-60 Euro setiap kursinya.

Baca Juga :  Wenger: Premier League Pilihan Terbaik Untuk Zidane

Selain harga tiket dan faktor eksternal yang mempengaruhi kehadiran penonton. Alasan lain adalah desain Camp Nou yang terlalu tua buat pendukung tak nyaman.

Dibangun pada 1957 Camp Nou hanya memiliki satu tribun tertutup. Sisanya adalah tribun terbuka tanpa atap.

Hal itu jugalah yang membuat saat semi final Copa Del Rey hanya sedikit fans yang menonton pertandingan Barcelona. Hujan di sore hari yang bersamaan dengan waktu pertandingan dan stadion tanpa atap membuat fans enggan datang ke stadion.

Manajemen Barcelon sendiri berencana untuk memodernisasi Camp Nou. Mereka berencana menambah atap di tribun lain, membuat eskalator, lebih banyak toilet dan spot makanan.

“Kami ingin selalu jadi yang terbaik. Klub semacam kami harus punya stadion yang terbaik. Camp Nou sudah terlalu tua untuk era sekarang ini. Dulu memang Camp Nou yang terbaik tapi sekarang berbeda,” ujar Josep Maria Bartomeu, Presiden Barcelona.

Selalu update berita bola terbaru seputar dunia hanya di vivagoal.com

 

La Liga, Barcelona, Camp Nou

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here