Barcelona Sudah Tak Mengutamakan Pemain La Masia, Kok Bisa?

0
50
Barcelona Sudah Tak Mengutamakan Pemain La Masia, Kok Bisa
Sumber: The Sun

VivagoalLa Liga – Akademi sepakbola milik Barcelona, La Masia disebut-sebut sebagai salah satu yang terbaik di dunia. Ironisnya, banyak bakat muda di La Masia seperti Marc Jurado yang justru memilih hengkang ke klub lain karena tak dapat jaminan masuk tim utama.

Lionel Messi, Gerard Pique, Sergio Busquets, Andres Iniesta, Carles Puyol, Sergi Roberto hingga Xavi Hernandez adalah deretan jebolan La Masia yang memberi pengaruh besar dalam kesuksesan Barcelona setidaknya dalam dua dekade terakhir.

Mereka berhasil membawa Barcelona meraih empat trofi Liga Champions termasuk dua kali merebut treble winners, yakni pada tahun 2009 dan 2015. Barcelona saat itu bisa dibilang sebagai tim yang paling menakutkan seantero Eropa.

Namun sayangnya, pasca ditinggal para pemain andalannya seperti Xavi Hernandez dan Andres Iniesta, Barcelona mulai rajin belanja besar untuk mendatangkan pemain-pemain yang sudah jadi, beberapa diantaranya seperti Antoine Griezmann, Frenkie De Jong, Arturo Vidal dan yang teranyar Miralem Pjanic.

Situasi ini tak jarang membuat pemain binaan mereka di akademi La Masia dicomot klub lain seperti Mauro Icardi, Hector Bellerin, Andre Onana, Takefusa Kubo, Xavi Simons, Carles Alena dan yang terbaru Marc Jurado.

Khusus untuk Marc Jurado, bek berusia 16 tahun yang meniti karier di La Masia baru-baru ini mengumumkan hengkang ke MU. Jurado menolak tawaran Barcelona untuk bermain di tim Juvenil B meski sudah ditawarkan kenaikan gaji. Jurado memilih mengadu nasib ke Premier League daripada dikontrak Barcelona selama tiga tahun.

Menurut media di Inggris, Standard, Jurado salah satu pemain yang paling menjanjikan di generasinya. Saat ini ia tergabung dalam tim Barcelona Juvenil A dan diproyeksikan menembus Barcelona B. Sebagai bek kanan, Jurado cukup produktif dengan membukukan 6 gol musim ini.


Baca Juga:



“Tak pernah mudah untuk meninggalkan tim yang sudah memberi anda segalanya. FC Barcelona sudah menjadi rumah kedua saya, keluarga kedua saya, tempat saya berkembang sebagai pemain dan pribadi.” isi pernyataan Jurado.

“Hari ini saatnya saya mengucapkan selamat tinggal, dan tak lupa mengucapkan terima kasih kepada setiap orang yang sudah membantu saya disini sejak 2011.” pungkasnya.

Lepasnya Jurado menjadi bukti bahwa Barcelona memang sudah melupakan bakat-bakat dari La Masia. Atau bisa jadi klub asal Catalan ini tidak memiliki proyek jangka panjang terhadap bibit-bibit muda. Karena tak menutup kemungkinan, setelah mendapatkan Pjanic, Barca masih akan memburu pemain-pemain dengan harga tinggi, termasuk Lautaro Martinez di Inter Milan.

Selalu update berita bola terbaru seputar La Liga hanya di Vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here