Bayern Munchen vs Sevilla: Dominasi Klub Spanyol Di Piala Super Eropa

0
129
Bayern Munchen vs Sevilla Dominasi Klub Spanyol Di Piala Super Eropa

Vivagoal Liga Champions – Pertandingan perebutan Piala Super Eropa 2020 antara Bayern Munchen vs Sevilla akan berlangsung di Puskas Arena, Hungaria, Jumat (25/9/2020) dinihari WIB. Jika merujuk catatan sejarah, tim-tim asal Spanyol begitu dominan di UEFA Super Cup.

Diatas kertas, Bayern Munchen jelas lebih diunggulkan bisa menjadi kampiun ketimbang Sevilla. Raksasa Bundesliga Jerman itu sedang dalam tren positif sepanjang tahun 2020 ini dengan meraup 25 kemenangan dan hanya sekali imbang tanpa sekalipun merasakan kekalahan.

Hebatnya lagi, dari 26 laga tersebut, Bayern bisa menggelontorkan hingga 84 gol atau rata-rata 3 gol per game. Itu sudah termasuk ketika mereka mengganyang Barcelona 8-2 di perempatfinal Liga Champions, mencukur Chelsea 7-1 di 16 besar Liga Champions dan melibas Schalke 8-0 di pekan perdana Bundesliga Jerman.

Kesemua fakta ini jelas jadi ancaman tersendiri buat Sevilla. Kendati bisa mengalahkan Manchester United dan Inter Milan di Liga Europa, tapi jelas melawan Bayern adalah sesuatu yang berbeda mengingat mereka bisa meraih treble winners musim kemarin.

“Bisa bermain di Piala Super Eropa tidak terjadi setiap musim. Kesempatan langka ini jadi makin menarik karena kami akan melawan tim yang luar biasa seperti Bayern. Kami respek kepada Bayern, tapi kami juga punya ambisi besar untuk menunjukkan kualitas kami di Piala Super Eropa.” ucap pelatih Sevilla, Julen Lopetegui dilansir dari laman resmi UEFA.


Baca Juga:



Sevilla sendiri sebenarnya sudah bermain di UEFA Super Cup sebanyak 5 kali dengan satu diantaranya bisa keluar sebagai juara, yakni pada 2006 ketika mereka mengalahkan Barcelona di Stade Louis II, Monaco. Adapun Bayern sudah empat kali tampil di ajang ini, tapi juga cuma sekali bisa jadi yang terbaik. Tepatnya saat mereka menang atas Chelsea 2013 lalu melalui adu penalti.

Lantas bagaimana peluang keduanya memenangkan Piala Super Eropa tahun ini? Bicara statistik, mayoritas tim yang berstatus juara Liga Champions lebih sering keluar sebagai kampiun. Merujuk pada UEFA, dari 44 kali penyelenggaraan, 24 diantaranya bisa dimenangkan jawara UCL, dan 20 sisanya direbut kampiun Liga Europa.

Kendati demikian, ada satu hal yang membuat Bayern tidak boleh meremehkan Sevilla di laga kali ini. Berdasarkan data UEFA, tim-tim asal Spanyol adalah raja di ajang Piala Super Eropa dengan 15 kali wakil Spanyol bisa keluar sebagai juara, seperti Barcelona 5 kali, Real Madrid 4 kali, Atletico 3 tiga kali, Valencia 2 kali dan Sevilla sekali.

Khusus untuk Atletico Madrid, skuad besutan Diego Simeone tersebut bisa keluar sebagai juara UEFA Super Cup tiga kali yakni 2010, 2012 dan 2018 dengan menyandang status sebagai juara Liga Europa.

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Champions hanya di Vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here