Beberapa Klub Alami Kendala Jelang Penggunaan VAR di Premier League

0
295
Liga Inggris; Beberapa Tim Mengalami Kendala Terkait Pemakaian Var Musim Depan

Vivagoal Liga Inggris – Klub-klub Liga Inggris sepakat menggunakan VAR musim depan. Terkait kesepakatan tersebut nyatanya ada kendala yang dihadapai oleh klub sekelas Manchester United dan Liverpool.

Pada Kamis (15/11) waktu setempat diadakan pertemuan antara pemegang saham klub-klub Liga Inggris dengan Professional Game Match Officials Limited (PGMOL). Hasil dari uji coba VAR di laga Piala FA dan Piala Liga juga dibahas secara rinci pada pertemuan tersebut dimana telah diambil kesepakatan bersama jika Liga Primer Inggris musim depan akan menggunakan teknologi siaran ulang tersebut.

Keputusan itu sendiri diambil menyusul serangkaian kejadian yang merugikan beberapa klub musim ini. Sebut saja pada laga pekan 12 antara Southampton kontra Watford diwarnai oleh insiden dimana gol Charlie Austin dianulir setelah wasit menilai gol tersebut offside dimana pada rekaman video jelas gol tersebut bebas dari pelanggaran. Alhasil kedua tim hanya mengakhiri laga dengan hasil imbang 1-1.

Baca Juga :  Barcelona Pastikan Messi Tidak Alami Cedera Parah

Kendati keputusan tersebut akan mempermudah wasit mengambil keputusan lebih adil dan tim tidak lagi dirugikan, namun masih ada beberapa kendala terkait pengadaan VAR yang kali ini datang dari pihak klub.

Seperti diketahui dalam penggunaan VAR sendiri disarankan pihak klub menyediakan layar besar di stadion agar para penonton juga bisa melihat siaran ulang. Sayangnya beberapa stadion di Inggris masih belum dilengkapi dengan layar besar di dalamnya termasuk kandang Manchester United (Old Trafford) dan Liverpool (Anfield).

Terkait masalah tersebut pihak internal Liga Primer Inggris tidak memaksakan klub-klub untuk menyediakan layar besar di dalam stadion. Mereka juga mengatakan tengah mengembangkan dan mencari solusi untuk bisa mengkomunikasikan dengan para penonton yang hadir.

“Kami tidak ingin memaksa United atau Liverpool untuk memasang layar tetapi harus ada diskusi tentang bagaimana para penggemar diberitahu,” ujar pihak Liga Primer Inggris seperti dilansir FOX Sports.

“Kedepannya akan ada perhatian kusus pada penggunaan VAR non-live setiap laga Sabtu sore serta mengembangkan protokol yang jelas untuk mengomunikasikan keputusan VAR kepada para penonton di stadion.”

Selalu update berita bola terkini seputar sepakbola dunia hanya di vivagoal.com

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here