Begini Cara Chelsea Menumbangkan Liverpool Di Anfield - Vivagoal.com
Begini Cara Chelsea Menumbangkan Liverpool Di Anfield
Mason Mount Menangkan Chelsea 1-0 Atas Liverpool, Sumber: The Star

Begini Cara Chelsea Menumbangkan Liverpool Di Anfield

A Hendra - March 5, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

VivagoalLiga Inggris – Chelsea berhasil menumbangkan Liverpool di markas sendiri dengan skor tipis 1-0.

Bertanding di Anfield, Jumat (5/3/2021) dinihari WIB, Chelsea mampu tampil atraktif dengan cairnya pergerakan barisan gelandang dan penyerang. Selain karena buruknya skema yang diterapkan oleh Jurgen Klopp, kecermatan Thomas Tuchel yang mampu memanfaatkan kelemahan The Reds jadi kunci kemenangan The Blues.

Tampil dengan formasi 4-3-3, Klopp menginstruksikan para pemainnya untuk aktif menekan setiap pergerakan pemain Chelsea saat sedang menguasai bola. Dengan kondisi tersebut, secara tidak langsung The Blues pun dipaksa untuk bermain pada garis pertahanan yang tinggi. Skema ini mampu bekerja dengan baik.

Ketika penguasaan bola Chelsea hilang, Liverpool langsung coba mengonversinya dengan sebuah serangan cepat yang menusuk ke sisi kiri pertahanan tim tamu. Kombinasi antara Trent-Alexander Arnold, Curtis Jones dan Sadio Mane memaksa Chelsea untuk bermain lebih bertahan.

Tapi solidnya kinerja barisan pertahanan The Blues mampu mematikan serangan Liverpool. Terbukti dengan hanya ada satu tembakan yang on target yang bisa dibuat, itu pun baru didapat pada menit ke-85.


Baca Juga:


Kecermatan Tuchel dalam memanfaatkan kelemahan lawan terlihat pada laga ini. Mencairnya barisan gelandang dan penyerangan Chelsea berhasil mengakali pressing ketat dan tingginya garis pertahanan Liverpool.

Timo Werner yang kerap turun ke tengah mampu memancing Fabinho atau Ozan Kabak untuk bergerak maju. Di sinilah peran N’Golo Kante untuk masuk ke ruang yang ditinggalkan oleh bek Liverpool dan menjadi faktor penting serangan The Blues.

Gol tunggal kemenangan Chelsea yang dicetak Mason Mount pada menit ke-42 tak lepas dari skema yang diterapkan. N’Golo Kante yang meninggalkan posnya, menggiring bola dari tengah dan memancing Fabinho untuk maju. Bola lalu diumpankan ke sisi kiri yang ditempati Mount. Usai menusuk dan mengecoh Fabinho, Mount menembak ke tiang jauh tanpa bisa dihalau Alisson.

“Sangat senang bisa menjaga cleansheet. Sangat senang bisa mencetak gol di laga ini. Rencana permainannya adalah menekan mereka setinggi mungkin dan membiarkan mereka menguasai bola.” ucap Mason Mount seperti dilansir dari Sky Sports.

“Kami harus berani dan memenangkan bola tinggi. Sebagian besar Liverpool bermain dengan garis pertahanan tinggi dan dari sanalah gol itu terjadi.” tegasnya. (FID)

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Inggris hanya di Vivagoal.com