Berkaca Pada Liga Jepang, Exco PSSI Ingin Liga 1 Tanpa Degradasi - Vivagoal.com
Berkaca Pada Liga Jepang, Exco PSSI Ingin Liga 1 Tanpa Degradasi
Mochamad Iriawan. Sumber: Media PSSI

Berkaca Pada Liga Jepang, Exco PSSI Ingin Liga 1 Tanpa Degradasi

Heri Susanto - May 7, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – Liga Indonesia –  Komite Eksekutif (Exco) PSSI sudah memutuskan jika Liga 1 2021 akan dihelat tanpa skema degradasi. Mereka mengambil langkah ini dengan meniru skema yang diterapkan J.League beberapa waktu lalu.

Diambilnya keputusan tanpa degradasi ini sudah dirumuskan pada Senin (3/5) lalu. keputusan diambil PSSI lantaran kondisi pandemi dinilai masih menjadi tantangan sekaligus upaya penyelamatan bagi para klub peserta sehingga skema degradasi harus diambil.

Exco PSSI pun sadar keputusan yang mereka ambil akan mengundang banyak resistensi dari pada pecinta sepakbola tanah air. Meski begitu, mereka berkilah jika J.League semapt melakukan hal yang sama pada 2020 lalu dan hal tersebut dinilai lumayan berhasil.


Baca Juga:


“Ini sifatnya sementara, terus ada beberapa negara seperti Jepang yang melakukan itu, jadi, ada contohnya. Pertimbangan ini dari sisi ekonominya,” kata anggota Exco PSSI Hasani Abdulgani kepada wartawan.

“Orang banyak bertanya, ‘kenapa?’. Kalau orang tak punya klub, susah menceritakannya. Apalagi kalau seorang suporter. Seorang yang punya klub, sangat berat. Seorang yang punya perusahaan, hari ini sangat berat,” tutur Hasani.

“Karena dampak dari kondisi ini sangat berdampak. Ditambah kompetisi musim ini tanpa penonton. Klub tak dapat income kecuali subsidi dari PT LIB. Setelah pertimbangan-pertimbangan itu, klub-klub ini tidak akan maksimal nantinya karena faktor ekonomi tadi. Bisa-bisa kalau kami paksakan, klub bisa mundur,” ucapnya.

Selalu update berita terbaru seputar Bola Liga Indonesia hanya di Vivagoal.com