Bertanding Tanpa Penonton, Messi: Mental Pemain Jadi Penting

0
34
Bertanding Tanpa Penonton, Messi: Mental Pemain Jadi Penting

VivagoalLa Liga – Pandemi virus Corona ikut memaksa kompetisi sepakbola LaLiga Spanyol melakukan berbagai penyesuaian, termasuk menggelar laga tanpa penonton. Menghadapi aturan baru yang tak biasa di sepakbola ini membuat mental pemain jadi faktor penting.

Sebelumnya, pandemi virus Corona membuat kompetisi sepakbola di seluruh dunia, tak terkecuali Liga Spanyol harus ditangguhkan. Selama hampir tiga bulan lamanya, para pemain LaLiga tak merasakan atmosfer pertandingan.

Kini, LaLiga sudah bersiap untuk main lagi. Pemerintah setempat sudah memberi lampu hijau bagi semua klub untuk kembali bertanding mulai 8 Juni mendatang. Meski demikian, gelaran kompetisi tentu tidak akan sama lagi seperti sebelumnya. Protokol kesehatan harus dijalankan demi keamanan semua pihak yang terlibat.

Salah satu aturan baru yang harus dihadapi para pemain adalah bertanding tanpa kehadiran para pendukung di tribun stadion. Selain itu, ada juga aturan larangan mengerubungi wasit jika melakukan protes.

Messi sendiri menilai, situasi saat kompetisi sudah dilanjutkan bakal tidak mudah dijalankan. Bintang Barcelona itu menilai, sejumlah penyesuaian yang dilakukan akibat pandemi virus Corona akan jadi ujian mental bagi para pemain.

“Saya kira, tidak ada yang menyangka pandemi ini bisa terjadi dan memberi dampak yang luar biasa di seluruh dunia. Beberapa orang memperingatkan bahwa kalau pandemi ini bisa terjadi kapan saja. Namun hidup atau bekerja dalam ketidakpastian juga tidak mudah,” ucap Messi seperti dilansir dari Marca.


Baca Juga:



“Kita semua bertanya-tanya kapan kita akan kembali bekerja, kapan mulai latihan, dan berkompetisi lagi. Untuk pemain sepakbola, penting untuk tetap fokus ketika masuk ke lapangan.” jelasnya.

“Ada yang katakan, kekuatan mental itu 40, 50 atau 60% mempengaruhi di sepakbola. Saya kira itu tergantung setiap pemain, dan menurut saya memang penting, mental dan tetap fokus harus terus dijaga terkait persiapan melanjutkan kompetisi.” tutup Messi.

Selalu update berita bola terbaru seputar La Liga hanya di Vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here