Bukan Messi, Tapi Vidal Jimat Keberuntungan Barcelona

0
3273
Bukan Messi, Tapi Vidal Jimat Keberuntungan Barcelona

VivagoalLiga Champions – Lionel Messi terpilih sebagai man of the match berkat dua golnya saat Barcelona meraih kemenangan atas Liverpool. Tapi, jangan remehkan peran penting seorang Arturo Vidal dalam pertandingan, Kamis (2/5/2019) dini hari tadi.

Kemenangan 3-0 Barcelona atas Liverpool di Camp Nou pada leg pertama semifinal Liga Champions memudahkan langkah mereka saat gantian melawat ke Anfield tengah pekan depan. Skuat besutan Ernesto Valverde hanya butuh hasil imbang atau setidaknya kalah tidak lebih dari dua gol untuk lolos ke babak final.

Liverpool sendiri sebenarnya tampil sangat baik di laga ini. Mohamed Salah dkk bahkan mampu tampil dominan atas tim tuan rumah dengan mencatatkan penguasaan bola sebesar 51 persen. Tapi, disinilah peran penting seorang Arturo Vidal untuk Barcelona.

Baca Juga :  Real Madrid Akan Pertahankan Modric, Benarkah?

 

Turun dengan formasi 4-4-2 yang bisa berganti jadi 4-4-1-1. Juru taktik Barcelona, Ernesto Valverde secara tak terduga tidak menurunkan pengatur serangan mereka, Arthur Melo tapi malah memainkan Vidal. Yang menarik, Vidal tidak dipasang sebagai gelandang sentral, tapi untuk bermain di posisi sayap kanan. Tidak terlalu mengejutkan karena Vidal memang hebat bermain di banyak posisi.

Di sisi sayap kanan, Vidal tampil begitu impresif dan dinamis. Dia tidak ragu membantu lini tengah dalam membendung serangan The Reds, juga kerap turun membantu lini pertahanan. Vidal punya penting dalam membendung agresivitas permainan Liverpool dari sisi sayap yang memang dikuasai oleh Sadio Mane dan Mo Salah.

Dalam aspek bertahan situs Whoscored mencatat, Vidal berhasil mencatatkan 6 tekel sukses, 1,3 intersepsi, 3,9 clearance, dan 1,5 blok dalam laga dini hari tadi. Jumlah tekelnya bahkan jauh lebih banyak dibandingkan dengan para bek Barca. Clement Lenglet dengan lima tekel, sementara Gerard Pique melepaskan empat tekel.

Baca Juga :  Sudah Jatuh Tertimpa Tangga Pula! PSG Kalah Lagi dan Sang Pemilik Diperiksa Terkait Kasus Korupsi

Alhasil, keputusan Valverde memainkan Vidal dianggap tepat karena dianggap sebagai alasan utama Barcelona sukses meredam permainan Liverpool di leg pertama ini.

Selalu update berita bola terkini seputar sepakbola dunia hanya di vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here