Chelsea vs Villarreal: Tim Asal Spanyol Dominan di Piala Super Eropa - Vivagoal.com
Chelsea vs Villarreal: Tim Asal Spanyol Dominan di Piala Super Eropa
Villarreal, Foto:,dok Pandit Football

Chelsea vs Villarreal: Tim Asal Spanyol Dominan di Piala Super Eropa

A Hendra - August 9, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – Liga Champions – Laga perebutan Piala Super Eropa 2021 antara Chelsea vs Villarreal akan berlangsung di Windsor Park, Belfast, Irlandia Utara, Kamis (12/8) dinihari WIB. Jika merujuk catatan sejarah, tim-tim asal Spanyol begitu dominan di Piala Super Eropa.

Di atas kertas, Chelsea lebih diunggulkan bisa menjadi kampiun Piala Super Eropa tahun ini ketimbang Villarreal. Raksasa Premier League itu sedang dalam tren positif sejak ditangani manajer asal Jerman, Thomas Tuchel dengan meraup 22 kemenangan dan cuma 7 imbang dengan 5 kali menderita kekalahan.

Hebatnya lagi, dari 33 laga yang dimainkan, Chelsea-nya Tuchel mampu menggelontorkan hingga 46 gol. Itu sudah termasuk ketika mereka melibas Real Madrid 3-1 di babak semifinal Liga Champions dan menghancurkan Manchester City 1-0 di partai puncak Liga Champions. Berbagai fakta tersebut jelas bakal menjadi ancaman bagi Villarreal.

Namun di sisi lain, mereka juga memiliki superioritas melawan tim Inggris. Yellow Submarine mampu menang atas Arsenal dan Man United di Eropa. Meski begitu, bersua Chelsea adalah hal lain yang patut mereka waspadai. Terlebih mereka baru memainkan final Piala Super perdananya Sementara Chelsea sempat empat kali mentas dan mendualng sekali pada 1998 lalu.


Baca Juga:


Lantas bagaimana peluang keduanya memenangkan Piala Super Eropa tahun ini? Bicara statistik, mayoritas tim yang berstatus juara Liga Champions sejatinya lebih sering keluar sebagai kampiun. Merujuk pada situs resmi UEFA, dari 45 kali penyelenggaraan, 25 diantaranya bisa dimenangkan jawara UCL, dengan 20 lainnya dimenangkan oleh kampiun Liga Europa.

Meski begitu, ada satu hal yang membuat Chelsea tak boleh meremehkan Villarreal di laga kali ini. Berdasarkan data UEFA, tim-tim asal Spanyol merupakan raja di ajang Piala Super Eropa. Rinciannya, 15 kali wakil Spanyol mampu keluar sebagai juara, dengan Barcelona jadi yang terbanyak yakni 5 kali disusul Real Madrid 4 kali, Atletico Madrid 3 tiga kali, Valencia 2 kali dan Sevilla sekali.

Khusus untuk Atletico Madrid, Los Colchoneros bisa keluar sebagai juara UEFA Super Cup sebanyak iga kali yakni 2010, 2012 dan 2018 dengan status sebagai juara Liga Europa. (HS)

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Champions hanya di Vivagoal.com