Chilavert Akui Prestasi Messi Jauh Lebih Unggul Dari Maradona - Vivagoal.com
Chilavert Akui Prestasi Messi Jauh Lebih Unggul Dari Maradona
Diego Maradona Memeluk Lionel Messi (Sumber: Reuters)

Chilavert Akui Prestasi Messi Jauh Lebih Unggul Dari Maradona

Fido Moniaga - June 23, 2020
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal Berita Bola – Lionel Messi kembali dibandingkan dengan legenda sepakbola Argentina, Diego Maradona. Mantan kiper Paraguay, Jose Luis Chilavert mengatakan bahwa Maradona sama sekali tidak sebanding dengan juniornya tersebut jika bicara soal pencapaian di level individual.

Maradona dan Messi dianggap sebagai pesepakbola terbaik yang pernah dimiliki Argentina. Keduanya memang sama-sama sukses di eranya masing-masing. Perbedaannya cuma jenis trofi untuk timnas dan klub.

Di level timnas, Maradona bisa dibilang lebih baik dari Messi karena sudah membawa Argentina menjuarai Piala Dunia 1986. Namun di level klub dan individual, trofi yang dimiliki Maradona tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan kepunyaan Messi.

Tercatat, pemilik gol ‘Tangan Tuhan’ tersebut hanya bisa mengoleksi sebanyak 9 trofi bersama Boca Juniors, Barcelona dan Napoli. Maradona juga belum pernah memenangkan Ballon d’Or semasa aktif bermain, hanya meraih predikat pemain terbaik Argentina sebanyak 4 kali, yakni pada tahun 1979, 1980, 1981 dan 1986.

Di sisi lain, Messi memang belum sukses betul jika bermain untuk Argentina. Dia cuma bisa menyumbang medali olimpiade tahun 2008. Tapi bicara soal prestasi di level klub dan individual, Messi jauh di atas Maradona.

Total Messi hingga saat ini sudah mengoleksi sebanyak 35 trofi di berbagai ajang bersama Blaugrana, dengan enam kali meraih penghargaan Ballon d’Or, enam kali memenangkan The Best FIFA Men’s Player dan dua kali sebagai UEFA Best Player In Europe. Secara keseluruhan, Messi juga sudah membuat 699 gol di level klub dan timnas, sementara Maradona hanya punya torehan 240 gol semasa aktif bermain.


Baca Juga:



Catatan-catatan ini pun membuat kiper legendaris Paraguay, Jose Luis Chilavert menyebut, kesuksesan Maradona tak ada satu persen dengan yang sudah diraih Messi selama ini.

“Messi pemain terbaik di Planet ini, tak usah diperdebatkan lagi. Maradona bahkan tidak bisa memenangkan satu persen pun dari yang sudah diraih Messi hingga saat ini.” tegas Chilavert seperti dilansir dari Marca.

“Orang-orang Argentina harusnya bersyukur dan berterima kasih kepada Messi karena dia masih memilih membela negaranya ketimbang Spanyol, dan sebuah kebahagiaan bisa melihatnya bermain.” pungkas si Bulldog julukan Chilavert.

Selalu update berita bola terbaru seputar sepak bola dunia hanya di Vivagoal.com