Dibalik Taktik, Begini Perbedaan Klopp dan Guardiola

0
199
Pep and Klopp

Vivagoal Liga InggrisIlkay Gundogan menjadi salah satu dari sedikit pemain yang beruntung pernah merasakan dilatih dua pelatih terbaik dunia, Pep Guardiola dan Jurgen Klopp. Gelandang Manchester City itu lalu membandingkan keduanya.

Ilkay sempat lima musim bermain di bawah asuhan Jurgen Klopp saat masih berkostum Borussia Dortmund. Bersama Klopp dia mengoleksi empat trofi, yakni satu gelar juara Bundesliga, dua Piala Super Jerman, dan satu Trofi DFB-Pokal.

Sekarang, Ilkay diasuh oleh Pep Guardiola. Ia sudah bekerjasama dengan pelatih asal Spanyol tersebut sejak musim panas 2016 silam, atau sejak kali pertama Guardiola ditunjuk untuk melatih Manchester City.

Bersama eks pelatih Barcelona tersebut, Ilkay Gundogan bisa langsung nyetel dengan skema permainan Guardiola. Terbukti dengan ia telah membukukan 154 penampilan plus sumbangan 22 gol dan 22 assist di semua ajang kompetisi.

Dengan semua pengalaman bermainnya bersama dua pelatih kenamaan dunia tersebut, Ilkay merasa sudah bisa membedakan kualitasnya masing-masing. Dikatakannya, perbedaan Pep dan Klopp terletak pada cara keduanya memperhatikan detail taktik.



“Klopp menginginkan kami mendapatkan bola kembali, transisi permainan yang cepat, kombinasi antar pemain di semua lini, dan sedingin mungkin jika berada di depan gawang lawan. Di sesi latihan terakhir sebelum laga, dia bakal sangat intens. Klopp bakal sangat marah jika taktiknya tidak berhasil.

“Sementara Pep bekerja lebih taktis dan punya kontrol lebih pada cara pemain bermain, Dia selalu menunjukkan apa yang harus kami lakukan di atas lapangan,” ucap Gundogan dilansir dari Goal International.

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Inggris hanya di Vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here