Dilarang Main di Italia, Inter Terpaksa Lepas Eriksen - Vivagoal.com
Eriksen Akhirnya Muncul di Pusat Latihan Inter Milan
Christian Eriksen, Inter Milan Foto: dok situs resmi Inter

Dilarang Main di Italia, Inter Terpaksa Lepas Eriksen

A Hendra - October 29, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

VivagoalSerie A – Inter Milan memastikan akan segera melepas gelandang asal Denmark, Christian Eriksen pada bursa paruh musim Januari 2022 mendatang. Nerazzurri terpaksa melepas Eriksen karena tak bisa bermain di Liga Italia.

Christian Eriksen sebelumnya mengalami henti jantung di tengah-tengah laga Denmark vs Finlandia, pada ajang Piala Eropa 2020, 12 Juni 2021 lalu. Tindakan medis yang cepat dan tepat membuat Eriksen berhasil diselamatkan.

Saat ini, kondisi Eriksen dikabarkan mulai terus membaik. Hal itu terjadi setelah ia menjalani operasi untuk pemasangan alat bantu jantung defibrilator kardioverter implan atau implantable cardioverter defibrillator (ICD).

ICD sendiri berfungsi untuk membantu penderita jantung dalam mencegah kematian mendadak karena detak jantung abnormal yang parah. Namun persoalannya kemudian adalah justru keberadaan alat itu yang membuat Eriksen dipastikan tak lolos syarat untuk bisa bermain di Serie A bersama Inter Milan.

Menurut laporan Sky Sport Italia, Eriksen baru bisa membela Nerazzurri lagi jika ICD dicopot dari tubuhnya, tentu dengan pertimbangan kondisi sang pemain bakal aman tanpa alat itu. Waktu yang dibutuhkan untuk tes dan mencabut ICD menurut Sky Sport adalah minimal enam bulan.


Baca Juga:


Tetapi, Inter Milan pun mulai berencana melepas gelandang 29 tahun itu meski masih memiliki kontrak hingga Juni 2024 mendatang. Hal itu jika Eriksen pada prosesnya ternyata tetap harus menggunakan ICD.

“Dengan mengacu pada hak registrasi pemain Eriksen. Perlu dicatat bahwa setelah cedera serius yang terjadi selama Euro pada Juni 2021, pemain tersebut untuk sementara dilarang otoritas medis Italia dari aktivitas olahraga musim ini,” isi pernyataan klub dikutip dari Football Italia.

“Namun meski kondisi pemain saat ini tidak memenuhi persyaratan untuk mencapai kebugaran olahraga di Italia, dia masih dapat melakukannya di negara lain. Disana, pemain dapat melanjutkan aktivitas kompetitif.”

Sebagai informasi, jika Eriksen benar-benar dilego oleh Inter, ia sejatinya bisa pulang saja ke klub lamanya, Ajax Amsterdam. Sebab, di Liga Belanda, tidak melarang pemain dengan ICD untuk bisa tampil di atas lapangan. Daley Blind adalah bukti nyatanya.

Mantan bek Manchester United itu diketahui sudah menggunakan ICD sejak akhir tahun 2019 usai didiagnosa mengalami peradangan otot jantung. Dan hingga saat ini, Daley Blind masih aktif bermain untuk Ajax dan Timnas Belanda. (IRM)

Selalu update berita bola terbaru seputar Serie A hanya di Vivagoal.com