Diperebutkan PSG, Madrid dan Man United, Begini Statistik Gahar Camavinga - Vivagoal.com
Diperebutkan PSG, Madrid dan Man United, Begini Statistik Gahar Camavinga
Eduardo Camavinga, Foto: dok Gilabola

Diperebutkan PSG, Madrid dan Man United, Begini Statistik Gahar Camavinga

A Hendra - July 6, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – Ligue 1  – Performa Eduardo Camavinga sejak dipromosikan ke skuat senior Rennes sukses menarik atensi klub-klub top Eropa. Selain Manchester United, ada juga Paris Saint-Germain dan Real Madrid yang berminat merekrutnya pada bursa transfer musim panas ini.

Eduardo Camavinga mungkin nama yang kurang begitu dikenal di publik sepakbola dunia. Namun, ia cukup menuai banyak sorotan di kalangan para penggila sepakbola Ligue 1 Prancis. Di usianya yang baru 18 tahun, Camavinga bisa dibilang sudah mencatatkan statistik yang terbilang impresif.

Merupakan lulusan akademi Rennes, Camavinga melakukan debutnya di tim senior pada Januari 2019 lalu. Di enam bulan pertamanya, Camavinga yang berposisi sebagai gelandang bertahan cuma bisa mengemas 7 penampilan. Namun itu sudah termasuk angka yang lumayan buat remaja 17 tahun seperti Camavinga.

Catatan Camavinga kemudian meningkat pesat di musim 2019/2020. Dianggap punya kemampuan seperti seniornya di timnas Prancis, N’Golo Kante, Camavinga sukses mencatatkan 32 penampilan dengan torehan satu gol dan satu assist.

Pada musim 2020/2021, Camavinga masih jadi andalan di lini tengah Rennes dengan torehan 39 penampilan dengan sumbangan satu gol dan tiga assists. Camavinga dinilai punya ketenangan dan kematangan di usianya yang masih sangat muda.


Baca Juga:


Sebagai seorang gelandang bertahan, Camavinga juga dibekali kemampuan tekel yang apik, hal itu merujuk pada catatan Whoscored. Ia menjadi pemain dengan rataan tekel terbanyak di Ligue 1 Prancis musim kemarin dengan rataan 4.3 tekel per game.

Tak sekadar piawai dalam memotong serangan lawan, Camavinga juga berperan cukup baik dalam aliran serangan Rennes. Tercatat, Camavinga memiliki rata-rata umpan sukses mencapai 87.7 persen, tertinggi kedua setelah Marco Verratti di Paris Saint-Germain.

Selain punya teknik individu yang mumpuni, Camavinga turut dilengkapi kecepatan mengagumkan yang menjadikannya sebagai senjata baru Rennes dalam 2,5 musim terakhir. Tak heran jika banyak klub raksasa Eropa mulai tertarik merekrutnya. Kabarnya ada tiga klub top Eropa yang tertarik memboyongnya di bursa musim panas ini, yakni Man United, Real Madrid dan Paris Saint-Germain.

Rennes sendiri sebenarnya enggan melepas Camavinga mengingat Ia adalah investasi jangka panjang bagi klub. Namun, kontrak dari Camavinga bakal habis pada Juni 2022 mendatang. Maka pihak klub, mau tak mau harus melepasnya di musim panas ini ketimbang mereka kehilangannya secara cuma-cuma kala kontraknya habis nanti.

Tapi Rennes mau saja melepas Camavinga jika ada klub yang berani menawarnya di angka 60 juta euro atau setara Rp 1 triliun lebih. Rennes punya alasan kuat mematok harga semahal itu untuk Camavinga, sebab ia adalah jaminan mutu di lini tengah, dan itu telah dibuktikan Camavinga selama memperkuat Rennes. (IRM)

Selalu update berita bola terbaru seputar Ligue 1 Prancis hanya di Vivagoal.com