Dua Pemain Veteran Bundesliga Jerman Putuskan Pensiun di Akhir Musim - Vivagoal.com
Pizzaro
Sumber: Twitter

Dua Pemain Veteran Bundesliga Jerman Putuskan Pensiun di Akhir Musim

Fachrizal Wicaksono - July 7, 2020
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal Bundesliga – Bundesliga musim 2019/2020 sudah resmi berakhir. Bayern Munchen dinyatakan sebagai juara kasta tertinggi sepakbola Jerman tersebut usai meraih 82 poin dari 34 pertandingan musim ini.

Dengan berakhirnya musim ini, para pemain Bundesliga pun mulai fokus mempersiapkan diri untuk menyambut musim 2020/2021. Sayangnya, ada dua pemain yang sudah mencapai garis akhir dari perjalanan karir mereka sebagai pesepakbola di Liga Jerman.

Di akhir musim 2019/2020, dua sosok legendaris dan cukup berpengaruh di Bundesliga, yakni Mario Gomez dan Claudio Pizarro memutuskan menyudahi karir sepakbolanya masing-masing di usia 34 tahun dan 41 tahun.

Kedua bomber ternama ini punya torehan yang luar biasa dalam perjalanan karier mereka di ajang Bundesliga Jerman. Untuk Mario Gomez, sang pemain memutuskan gantung sepatu di akhir musim ini usai membantu klubnya VFB Stuttgart promosi ke Bundesliga 1.

Ia merasa misi terakhirnya sebagai pesepakbola sudah selesai setelah mengantarkan klub tercintanya kembali ke level teratas divisi sepakbola Jerman. Sepanjang kariernya, Mario Gomez sempat merumput bersama Fiorentina, Vfl Wolfsburg dan Besiktas sebelum memutuskan kembali ke Jerman untuk membela klub masa kecilnya, Stuttgart pada musim 2017/2018.


Baca Juga:


Secara keseluruhan, sejak memulai debutnya pada musim 2003/2004, Mario Gomez sudah mengoleksi 598 penampilan dari enam klub yang pernah dibelanya dan menorehkan 319 gol plus 72 assist. Sepanjang karir sepakbolanya, Mario Gomez memiliki koleksi 9 gelar juara dengan tiga diantaranya trofi Bundesliga bersama Bayern Munchen dan Stuttgart.

Sedikit berbeda dengan Mario Gomez, Claudio Pizarro sempat dua kali batal pensiun hingga akhirnya benar-benar memutuskan mundur dari lapangan hijau pada usia 41 tahun. Sepanjang karir profesionalnya, Pizarro pernah memperkuat Bayern Munchen dan Chelsea sebelum memutuskan pindah ke klub masa kecilnya Werder Bremen pada musim 2018/2019.

Di ajang Bundesliga, Pizarro adalah pencetak gol terbanyak kedua di Bundesliga Jerman pada abad ke-21, ia hanya kalah dari Robert Lewandowski. Pizarro juga pemain asing kedua di Jerman dengan jumlah gol tertinggi sepanjang sejarah Liga Jerman yakni 197 gol.

Selain itu, Pizarro juga jadi pemain dengan kemenangan terbanyak di Bundesliga yaitu 235 kemenangan, sejajar dengan legenda sepakbola Jerman, Frans Beckenbauer. Terakhir, Pizarro jadi pemain tertua yang bisa mencetak gol di ajang Bundesliga kala usianya mencapai 40 tahun 136 hari.

Selalu update berita bola terbaru seputar Bundesliga hanya di Vivagoal.com