Giliran Dortmund Singgung Soal Strategi Transfer Man City - Vivagoal.com
Rotasi Skuad Jadi Kunci Man City Raih Quadruple Musim Ini
Manchester City Diambang Quadruple Musim Ini, Sumber: The Sun

Giliran Dortmund Singgung Soal Strategi Transfer Man City

Irman Maulana - April 14, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – Liga Champions –Petinggi Dortmund, Hans-Joachim Watzke tak terima dengan komentar yang diberikan oleh Pep Guardiola tentang kebiasaan mereka memberikan bayaran mahal pada para agen pemain untuk membawa pemain muda ke Jerman.

Hans-Joachim Watzke melontarkan kritik soal pengeluaran yang dihabiskan oleh Manchester City untuk memboyong banyak pemain baru. Hal ini Ia katakan menyusul komentar Pep Guardiola, terkait jumlah biaya yang dibayarkan oleh Dortmund untuk agen pemain.

The Citizen bakal menghadapi Dortmund di leg kedua babak perempatfinal Liga Champions, Kamis (15/4) dini hari nanti. Sebelum laga, Guardiola mengklaim bahwa Dortmund membayar biaya yang besar pada agen pemain untuk amankan para pemain muda mereka.

Bereaksi terhadap komentar itu, Watzke telah memberikan sorotan khusus pada pengeluaran City dalam beberapa tahun terakhir. Ia melihat hal tersebut lah yang jadi alasan kenapa Man City kini muncul sebagai salah satu tim terkuat di Eropa.

“Dalam lima tahun terakhir mereka (City) hampir menghabiskan dana hingga 1 Miliar Euro (Rp. 17,4 Triliun) demi membeli pemain baru. Lima tahun. Siapa yang berada dibalik semua itu? Dia (Guardiola) tak boleh mengkritik klub lain,”ujar Watzke dilansir Goal.


Baca Juga:


“(Strategi Dortmund) bekerja fantastis tetapi sulit untuk mengembangkan tim dengan itu. Karena setelah dua atau tiga tahun, para pemain muda ini, jika mereka tampil sangat, sangat baik, seperti Erling Haaland atau Jadon Sancho, maka klub terbesar di Eropa ingin membelinya. Ini satu-satunya cara untuk Borussia Dortmund.

Menurut Watzke, Dortmund memang tidak memiliki kekuatan uang seperti City yang mampu membeli banyak pemain berkualitas dengan harga tinggi. Ia mengaku jika Dortmund tiap tahun selalu berusaha untuk bisa masuk sebagai 10 besar klub di Eropa.

“Dortmund bukan klub di mana kamu harus memiliki visi besar karena kami tidak memiliki uang besar. Jika saya punya uang seperti klub lain, yang dapat menghabiskan 1 miliar euro dalam lima atau 10 tahun di tim, maka Anda dapat memiliki visi.

“Apa yang ingin saya miliki untuk tahun-tahun berikutnya adalah bahwa kami mendapatkan status untuk menjadi salah satu dari 10 atau 12 klub terbaik di Eropa dan biasanya untuk memenangkan beberapa gelar di Jerman.”

Sindiran Guardiola Pada Dortmund

Sebelum leg pertama tengah pekan lalu, Guardiola memang memuji sekaligus memberikan sindirian soal strategi transfer yang diusung oleh Dortmund. Pelatih asal Spanyol menyebut kebijakan Dortmund yang suka membayar mahal pada agen pemain untuk mendapatkan pemain muda luar biasa.

“Satu orang di Manchester yang tahu tentang Borussia Dortmund itu adalah saya. Budaya klub ini, cara mereka bermain dan saya tidak akan menemukan satu pemain pun dari Borussia Dortmund tanpa kualitas,”ungkap Guardiola

“Mereka menghabiskan banyak uang untuk pemain muda dan membayar banyak uang kepada agen untuk membawa para pemain ini ke sana karena mereka memiliki kualitas yang luar biasa.

“Mungkin mereka tidak menemukan konsistensi di Bundesliga musim ini untuk menang setiap minggu. Tetapi untuk dua pertandingan fase guru mereka mampu melakukan apa pun.”

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Champions hanya di Vivagoal.com