Guardiola Heran, Sumber Uang City Disorot, Liverpool dan Man United Tidak - Vivagoal.com
Guardiola Heran, Sumber Uang City Disorot, Liverpool dan Man United Tidak
Pep Guardiola, Foto: dok Tirto

Guardiola Heran, Sumber Uang City Disorot, Liverpool dan Man United Tidak

A Hendra - May 12, 2022
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – Liga InggrisPep Guardiola heran dengan banyaknya sorotan yang ditujukan kepada sumber pendapatan Manchester City. Padahal, Liverpool dan Manchester United kerap jor-joran tapi tidak disorot karena pemiliknya berasal dari negara barat.

Otoritas Premier League diketahui sejak bulan April lalu melakukan penyelidikan atas dugaan pelanggaran finansial yang dilakukan Manchester City. Ada tiga pelanggaran yang dituduhkan kepada The Citizens, salah satunya terkait dana sponsor.

Sejumlah uang yang masuk ke kas City diduga berasal dari kantong sang pemilik, Sheikh Mansour. Aliran dana itu diklaim disalurkan ke beberapa perusahaan sponsor selama enam musim terakhir dengan maksud mengakali aturan Financial Fair Play.

Man City Tim Terbaik di Eropa, Kenapa Sulit Sekali Jadi Juara Liga Champions
Manchester City, Foto: dok Tribunnews

Manchester City sendiri sejatinya sudah pernah dijatuhi sanksi oleh UEFA atas kasus seperti ini pada dua tahun lalu. Namun hukuman itu gugur setelah City menang banding di pengadilan Arbitrase Olahraga.

Man City mengklaim sumber uang mereka berasal dari sponsor-sponsor yang sah dan telah sesuai aturan Financial Fair Play. Salah satunya seperti adanya kerja sama dengan maskapai penerbangan Uni Emirate Arab, Etihad.

Di sisi lain, manajer Man City, Pep Guardiola menganggap sorotan terkait sumber pendapatan timnya tidak adil. Menurut manajer aasal Spanyol itu, beberapa tim lain, semisal Liverpool dan Manchester United, tidak disorot karena pemiliknya berasal dari negara-negara Barat.


Baca Juga:


“Saya sudah mengatakan saya tidak akan mengubah persepsi itu. Ketika kami mencantumkan Etihad di bagian depan baju kami, orang-orang berkata, ‘Oh, mereka dibayar lebih’,” ucap Guardiola dikutip dari Sky Sports.

“Namun, United dan Liverpool kini dibayar mungkin lebih banyak daripada kami. Mereka dirasa pantas untuk itu karena bekerja dengan baik, karena CEO mereka bernegosiasi dengan baik, apa pun itulah.

“Mereka mendapat lebih banyak dan karena sumber tersebut, atau pemiliknya berasal dari Amerika Serikat atau negara lain, jadinya tidak ada kesalahan. Itulah kenyataannya dan hal ini tidak berubah dalam waktu lama.” (IRM)

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Inggris hanya di Vivagoal.com