Ilkay Gundogan: Bundesliga itu Membosankan - Vivagoal.com
Gundogan: Bundesliga itu Membosankan
Ilkay Gundogan – T-Online

Ilkay Gundogan: Bundesliga itu Membosankan

Rachmat Ramadhan - April 6, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal Bundesliga –  Mantan gelandang Borussia Dortmund, Ilkay Gundogan, menjelaskan betapa membosankannya Bundesliga. Menurutnya Dominasi Bayern Munich bisa membuat Bundesliga ditinggal banyak penonton internasional.

Gundogan berharap  beberapa klub papan atas seperti Borussia Dortmund atau Leipzig bisa memberi perlawanan untuk menggusur dominasi klub Bavarian. Bayern Munich sudah meraih gelar Bundesliga dalam beberapa musim ke belakang dan itu membuat klub asuhan Hansi Flick berada dalam level yang jauh di atas klub lain di Bundesliga.

“Saya berharap Bundesliga yang Dortmund atau RB Leipzig dapat mengimbangi FC Bayern,” kata Gundogan.

Dominasi ini akan membuat Bayern terlihat sangat dominan. Tidak ada klub yang bisa menyainginya dan para penonton diluar suporter kesayangan klub Bundesliga akan melihat liga yang kurang kompetitif dan akan berujung perginya para penonton dari luar negeri.

“Jika Bayern terus memisahkan diri dari kompetisi dalam beberapa tahun ke depan, maka orang dapat berasumsi bahwa liga tidak terbuka untuk pemenang baru. Penonton internasional menjadi kurang menarik, ” tambahnya.


Baca Juga:


Gundogan melihat hal yang berbeda dengan liga Inggris. Ia melihat banyaknya persaingan baik di papan atas maupun papan tengah. Setiap klub memiliki banyak pemain internasional dan pelatih yang berkualitas untuk membuat timnya bisa bersaing satu sama lain.

“Saya pikir di sini, di Inggris, kami memiliki lebih banyak kualitas di liga. Tidak hanya di atas, tetapi di atas semua di tengah meja untuk tim yang tidak bermain secara internasional. Tim-tim top juga telah lama bersama mereka dengan pelatih terbaik. di dunia,” tutupnya.

Pekan lalu Bayern Munchen kembali meraih kemenangan atas peringkat kedua RB Leipzig. Jarak untuk menggeser Bayern Munchen pun kembali longgar dan membuat klub Bavarian berada di atas angin untuk menjuarai Bundesliga musim ini. (DES)

Selalu update berita bola terbaru seputar Bundesliga hanya di Vivagoal.com