Hiroki Abe, Takefusi Kubo, dan Proyek Besar Negeri Sakura di Ranah Sepak Bola

0
750
Hiroki Abe, Takefusi Kubo, dan Proyek Besar Negeri Sakura di Ranah Sepak Bola

VivagoalLa LigaDua wonderkid potensial asal negeri Sakura Hiroki Abe dan Takefusi Kubo akan memulai petualangan sepakbola mereka di tanah matador mulai musim ini.

Barcelona resmi merekrut salah satu talenta terbaik dan berbakat asal Jepang, Hiroki Abe, dari Kashima Antlers. Pemain berusia 20 tahun itu, mengikuti jejak wonderkid lain asal Jepang yakni, Takefusa Kubo yang terlebih dahulu bergabung bersama rival mereka, Real Madrid.

Takefusa dalam beberapa waktu kebelakang memang menarik cukup banyak perhatian publik sepakbola dunia. Ia digadang sebagai ‘Messi’ asal Jepang, notabene merupakan bintang asal Barcelona serta lulusan dari akademi La Masia.

Perekrutan Kubo dan Abe ini membuktikan bahwa sepakbola Jepang sedang sangat berkembang. Tepatnya, ketika semakin banyak pemain mereka yang menghiasi di lima Liga Top Eropa saat ini. Generasi baru dari sepakbola Jepang ini bukanlah sebuah kebetulan, melainkan sebuah proses panjang dari Asosiasi Sepakbola Jepang (JFA) yang mulai gencar menjelang akhir 90an.

Baca Juga: Gagal Dapatkan Kubo, Barcelona Dekati Hiroki Abe

Hasilnya terlihat saat ini. Jepang diharapkan bisa membangun sebuah tim kuat yang dapat menjadi penantang serius di Piala Dunia 2050. Selain itu, mereka pun berencana untuk menghasilkan tim-tim dari liga domestik mereka, J1 League yang dapat bersaing dengan tim dari Eropa ditahun 2030.

Setiap klub yang berpartisipasi di J1 League memiliki kewajiban untuk mengembangkan secara serius akademi mereka dan minimal mempunyai dua tim muda. Lalu, tiap klub harus memainkan dua pemain hasil didikan akademi mereka di starting line-up dan setidaknya ada satu pemain yang berusia dibawah 20 tahun.

“Kami memiliki rencana jangka panjang untuk menjadi liga terbesar ke empat di dunia pada tahun 2030,” ujar Presiden J1 League dilansir marca.

Proyek besar itu salah satunya dimulai dengan tersebarnya 14 pemain Jepang yang bermain di lima Liga Top Eropa. Bundesliga empat pemain, La Liga, Premier League, dan Ligue 1 masing-masing diwakili oleh satu pemain.

Bundesliga total telah memiliki 31 pemain asal Jepang selama bertahun-tahun. Untuk La Liga, Shoji Jo merupakan pemain Jepang pertama yang bermain di Spanyol bersama Real Valladolid. Sejak saat itu, ada sembilan pemain Jepang lain yang bermain untuk sembilan tim Spanyol berbeda.

Di Piala Dunia 2018 lalu, Jepang bisa mencapai fase gugur untuk keenam kalinya secara beruntun, sebelum akhirnya harus menyerah saat melawan Tim Nasional Belgia. (IM)

Selalu update berita bola terbaru seputar La Liga hanya di Vivagoal.com

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here