Inggris Disarankan Pecat Southgate dan Tunjuk Wenger Sebagai Pelatih - Vivagoal.com
Inggris Disarankan Pecat Southgate dan Angkat Wenger Sebagai Pelatih
Arsene Wenger, Foto: dok Bola net

Inggris Disarankan Pecat Southgate dan Tunjuk Wenger Sebagai Pelatih

A Hendra - July 13, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – Liga Inggris – Timnas Inggris disarankan segera mendepak Gareth Southgate dari jabatan pelatih pasca kegagalan mereka di Piala Eropa 2020. The Three Lions diminta untuk menunjuk eks Pelatih Arsenal, Arsene Wenger sebagai pengganti Southgate.

Inggris akhirnya harus tumbang di tangan Italia pada laga final Piala Eropa 2020 lalu. Bermain di markas sendiri, Wembley Stadium, The Three Lions menyerah 3-2 dari Gli Azzurri lewat babak adu penalti.

Kekalahan tersebut membuat Inggris harus melanjutkan puasa gelarnya setelah kali terakhir bisa mengangkat trofi pada Piala Dunia 1966 atau tepatnya pada 55 tahun silam. Pasca pertandingan, sorotan pun mulai bermunculan, yang diantaranya tentu mengarah pada Gareth Southgate sebagia juru taktik.

Salah satu keputusan yang paling dipertanyakan dari Southgate adalah ketika Timnas Inggris akan memasuki babak adu penalti. Secara mengejutkan, Southgate  menempatkan tiga penendang muda usia pada momen krusial, yakni Marcus Rashford (22 tahun), Jadon Sancho (20) dan Bukayo Saka (19). Ketiganya sama-sama gagal menjebol gawang Italia.

Bukan cuma itu, keputusan lain Southgate yang jadi petaka adalah ketika memasukkan Jordan Henderson lalu menariknya lagi keluar. Henderson masuk di menit ke-74 untuk menggantikan Declan Rice, lalu digantikan oleh Rashford pada menit ke-120.


Baca Juga:


Atas semua keputusan kontroversialnya itu, posisi Southgate selaku pelatih Inggris pun kini mulai dipertanyakan. Tidak sedikit yang berharap pria 50 tahun itu dipecat saja dari kursi sebagai nahkoda skuad Inggris.  Salah satu yang paling keras menyuarakan pemecatan adalah presenter olahraga ternama asal Inggris, Richard Keys, yang merasa Southgate bukanlah sosok yang tepat menangani The Three Lions.

Richard turut menyarankan Inggris supaya mengganti Southgate dengan eks manajer Arsenal, Arsene Wenger. Dalam pandangannya, Inggris bersama Southgate sudah tidak mungkin meraih trofi juara, sementara Wenger punya karakter lebih tangguh ketimbang Southgate.

“Sepanjang turnamen menunjukkan Southgate sedikit terlalu pintar. Bahkan adu penalti terlalu dipikirkan. Saya merasa Marcus Rashford dan Jadon Sancho tidak cukup baik untuk berperan dalam 120 menit, tetapi diminta maju dan mempermalukan diri mereka sendiri dalam adu penalti. Itu sungguh keputusan buruk.” sembur Richard seperti dikutip dari Insider Football.

“Saya tidak bisa melihat Inggris bakal melangkah lebih jauh dengan Southgate. Jika itu adalah pilihan saya, saya akan membujuk Arsene Wenger untuk menangani timnas. Wenger benar-benar bisa mengakhiri semua luka ini.”

Sebelum gagal di Euro, Inggris juga sudah sempat gagal di ajang UEFA Nations League, bahkan telah tersingkir sedari fase grup. Sementara pada Piala Dunia 2018, Southgate juga gagal membawa Inggris jadi juara setelah disingkirkan Kroasia di babak semifinal. (IRM)

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Inggris hanya di Vivagoal.com