Kala VAR Tak Lagi Bersahabat pada ‘Tuannya’

0
205
Kala VAR Tak Lagi Bersahabat pada 'Tuannya'
Wasit Martin Atkinson Sedang Melihat VAR di Laga Manchester United vs Crystal Palace. Sumber: Official Manchester United

Vivagoal Liga Inggris – Start buruk Manchester United di Premier League membuat VAR menjadi sorotan. Teknologi satu ini tak lagi memihak kepada ‘tuannya’ tersebut.

VAR sendiri baru diterapkan secara resmi di Premier League sejak musim lalu. Namun penggunaan teknologi satu ini justru lebih sering menimbulkan kontroversi ketimbang memuaskan banyak pihak.

Satu pihak yang mungkin paling diuntungkan dari beberapa klub Inggris lain adalah Manchester United. Banyak keputusan VAR yang menguntungkan mereka khususnya ketika ada kejadian di kotak penalti.

Musim lalu United mencatatkan diri sebagai klub dengan jumlah penalti paling banyak dalam satu musim kompetisi. Banyak pihak kemudian menyindir dengan menyebut mereka sebagai VARchester United.

Namun pada laga pembuka Premier League 2020/21 melawan Crystal Palace, VAR sepertinya menjauh dari United. VAR diklaim merugikan MU karena Crystal Palace mendapatkan penalti di menit 72.


Baca Juga:



Insiden dimulai ketika Palace tengah melakukan serangan balik. Namun bola berhasil diadang oleh bek MU, Victor Lindelof. Pada awalnya, laga masih dilanjutkan namun wasit mendapatkan informasi dari ruang VAR bahwa Lindelof melakukan handsball saat menghalau bola itu.

Wasit Martin Atkinson kemudian lari ke pinggir lapangan untuk memeriksa VAR. Ia kemudian memutuskan Lindelof melakukan pelanggaran dan Palace berhak mendapat penalti.

Jordan Ayew kemudian gagal melakukan tugasnya setelah sepakannya berhasil ditepis David de Gea. Namun wasit meminta penalti diulang. Ini dikarenakan kaki De Gea melewati garis gawang saat menyelamatkan penalti Ayew.

Wilfried Zaha yang kemudian maju sebagai eksekutor berikutnya sukses melakukan tugasnya. Palace yang berstatus sebagai tim tamu akhirnya keluar sebagai pemenang dengan skor 1-3.

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Inggris hanya di Vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here