Kiper Muda Ajax, Dayen Gentenaar Layak Dipanggil Masuk Skuad Timnas U-19

0
1379
Kiper Muda Ajax, Dayen Gentenaar Layak Dipanggil Masuk Skuad Timnas U-19
Kiper Muda Ajax, Dayen Gentenaar Layak Dipanggil Masuk Skuad Timnas U-19 (Sumber: De Telegraaf)

Vivagoal – Liga Indonesia – Timnas Indonesia U-19 diketahui saat ini sedang gencar-gencarnya mencari pemain keturunan. Sebagaimana yang diketahui, 4 pemain keturunan yang telah dipanggil oleh Shin Tae-yong ikut dalam pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 di Kroasia beberapa waktu lalu sukses mengangkat performa skuad Garuda Muda.

Ya, Elkan Baggot, Jack Grealish, Kelana Mahesa dan Luah Mahesa berhasil mempertontonkan permainan apik dalam 6 dari 11 laga ujicoba yang digelar di timnas Indonesia U-19 di Kroasia. Tercatat dari enam laga terakhirnya sebelum pulang ke Indonesia, timnas U-19 bisa membukukan enam kemenangan, sekali imbang dan 4 kali kalah.

Hebatnya lagi, dari enam laga itu, pasukan Garuda Merah sukses menggelontorkan 12 gol dan cuma sekali kebobolan dengan lima laga lainnya membukukan cleansheet.

Tapi performa impresif ini diyakini bisa lebih baik lagi jika Shin Tae-yong dinilai juga mau mempertimbangkan satu posisi yang berada di garis terakhir pertahanan tim, yakni kiper.

Berdasarkan catatan Transfermarkt, ada satu kiper berdarah Indonesia yang ternyata sudah berkiprah lama di level sepakbola Eropa, yakni Dayen Gentenaar yang berposisi sebagai penjaga gawang kelahiran Nijmegen, Belanda, pada 18 Juni 2001.

Dayen diketahui memiliki darah Indonesia dari sang ayah, yang juga merupakan mantan kiper Ajax Amsterdam yakni Dennis Gentennar. Dan mengikuti jejak sang ayah, Dayen memutuskan berkarier sebagai penjaga gawang saat bergabung dengan akademi SV Blauw Wit ketika usianya baru menginjak 6 tahun.


Baca Juga:


Ketika usianya 10 tahun, Dayen lalu hengkang ke tim muda Ajax dan berhasil memperkuat skuad muda Ajax di semua kelompok umur selama tujuh musim. Pada Juli 2019 kemarin, Dayen lalu memutuskan hengkang ke Abu Dhabi, Uni Emirat Arab untuk memperkuat Al-Wahda FC.

Merujuk pada semua pengalaman Dayen bermain level kompetisi tim muda Ajax kelompok umur 17 dan U-18 tahun plus bermain di tim senior Al-Wahda di Liga Uni Emirat Arab, Dayen Gentenaar jelas sangat bisa dijadikan opsi lain untuk skuad Shin Tae-yong dalam mengisi posisi penjaga gawang.

Mempunyai postur tinggi badan yang mencapai 180 cm, Dayen dapat diandalkan untuk menjaga mistar gawang Timnas Indonesia U-19.

Selalu update berita terbaru seputar Bola Liga Indonesia hanya di Vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here