Koeman Tegaskan Pemain Sudah Bantu Krisis Keuangan Barcelona - Vivagoal.com
Koeman Tegaskan Pemain Sudah Bantu Krisis Keuangan Barcelona
Ronald Koeman, Sumber: Barcelona

Koeman Tegaskan Pemain Sudah Bantu Krisis Keuangan Barcelona

Aditya Bayu - January 27, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

VivagoalLa Liga – Manajer Barcelona, Ronald Koeman menegaskan jika dirinya dan pemain sudah membantu keuangan klub yang sedang bermasalah dengan memotong gaji mereka.

Dikenal sebagai salah satu klub terbesar di dunia, Barcelona nyatanya memiliki beban hutang selangit. Disebutkan jika Barcelona memiliki utang mencapai 1,2 miliar euro atau setara dengan Rp20 triliun.

Tidak hanya itu, Barcelona juga masih menunggak transfer pemain yang pernah mereka datangkan. Tercatat klub Catalan itu memiliki tagihan mencapai 320 juta euro atas termasuk transfer Philippe Coutinho and Frenkie de Jong.

Koeman yang sebelumnya mengeluhkan modal belanja yang bakal ia dapat, kini mengungkapkan jika dirinya dan pemain sudah membantu keuangan klub. Pelatih asal Belanda itu mengatakan jika dirinya dan pemain sudah membantu dengan menerima kebijakan pemotongan gaji.

“Saya rasa Barcelona merupakan salah satu klub besar, sehingga terkait Covid-19 dan stadion yang kosong, Barcelona lebih menderita dibandingkan dengan klub lain,” kata Koeman dalam jumpa pers jelang laga kontra Rayo Vallecano seperti dilansir dari Marca.

“Semua klub besar sedang tidak dalam kondisi bagus saat ini, tapi saya rasa itu tidak berpengaruh kepada para pemain. Mereka fokus pada pekerjaan mereka. Hanya itu yang bisa kami lakukan, fokus memenangkan pertandingan.”



Baca Juga:


“Kami tahu ini adalah situasi yang rumit dan kami semua telah membantu klub dengan melakukan pengurangan gaji.”

Koeman juga menampik jika Barcelona saat ini sedang terancam bangkrut. Menurutnya hal seperti itu lebih baik ditanyakan kepada pihak klub.

“Saya tahu terkadang kabar semacam itu [kebangkrutan] tidaklah benar, jadi saya akan bertanya [kepada klub] terkait itu. Saya tidak tahu,” tegasnya.

Kendati memiliki utang yang menumpuk, namun Barcelona tercatat masih memiliki pemasukan yang cukup bagus. Terbukti mereka berhasil memuncaki daftar Deloitte’s Money League musim 2019-20, yang baru saja dirilis pada pekan ini, dengan sukses membukukan pendapatan tahunan senilai 715,1 juta euro.

Namun satu yang pasti, masalah finansial yang terjadi membuat Barcelona akan sulit bergerak di bursa transfer. Bahkan mereka disebut akan pasif di jendela transfer musim dingin tahun ini.

Selalu update berita bola terbaru seputar La Liga hanya di Vivagoal.com