Ligue 1 Akan Mengurangi Jumlah Klub di Kasta Teratas, Mengapa? - Vivagoal.com
Ligue 1 Akan Mengurangi Jumlah Klub di Kasta Teratas, Mengapa?

Ligue 1 Akan Mengurangi Jumlah Klub di Kasta Teratas, Mengapa?

Daniel Nugraha - October 14, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

VivagoalLigue 1 – Ligue 1 dilaporkan sedang merilis proposal baru yang akan mengurangi jumlah peserta mereka.  Saat ini  liga tersebut memiliki 20 klub yang bermain dan akan memotongnya menjadi 18 klub saja pada musim 2023 mendatang. Mengapa?

Bersanding dengan Liga primer, Serie A, La Liga, dan Bundesliga, Ligue 1 selalu berada dalam daftar 5 liga top Eropa hingga sekarang. Namun ada yang mengejutkan ketika Paris Saint Germain tiba – tiba menjadi tim yang kaya raya hingga mendatangkan banyak pemain terbaik dunia ke liga tersebut.

PSG pun sukses bertransformasi menjadi raksasa dan pengasa liga. Mereka tak segan mendatangkan pemain-pemain besar guna memperkuat komposisi tim dan mendominasi kompetisi domestik. Selain PSG mereka juga memiliki wacana untuk mereduksi tim-tim peserta.


Baca Juga:


Di musim 2022 – 2023 mendatang kompetisi ini akan menggunakan sistem barunya. Dengan menambah jumlah tim yang masuk dalam degradasi. Setidaknya akan ada 4 tim yang bakal terdegradasi. Sementara itu, dipastikan juga akan ada 2 tim yang berkesempatan untuk mendapatkan promosi dari Ligue 2 ke Ligue 1. Artinya, hanya ada 18 tim yang berpartisipasi.

Dikutip dari Football Italia, ada beberapa alasan yang membuat pihak Ligue 1 mengurangi jumlah tim yang tampil pada kasta tertinggi lantaran faktor ekonomi dan jumlah pertandingan yang padat. Di ajang kompetisi Eropa, tersemat ajang baru UEFA COnference League. Selain Ligue 1, kompetisi domestik Prancis juga menyuguhkan Coupe de France dan Coupe de Ligue yang membuat kompetisi kian padat setiap tahunnya. Penguranan tersebut bisa membantu klub mengurasi beban finansial lantaran tak semua tim Prancis memiliki donasi sekuat PSG. (HS)

Selalu update berita bola terbaru seputar Ligue 1  hanya di Vivagoal.com