Menanti Taji Trio GMA (Griezmann-Messi-Ansu Fati) Bentukan Koeman

0
29
Menanti Taji Trio GMA (Griezmann-Messi-Ansu Fati) Bentukan Koeman
Sumber: Getty Images

Vivagoal – La Liga – Barcelona sudah memutuskan untuk melepas Luis Suarez ke Atletico Madrid. Kini, di bawah arahan pelatih anyar Ronald Koeman, Barcelona akan mengandalkan trio GMA (Griezmann-Messi-Ansu Fati).

Sebelumnya, di era kepelatihan Ernesto Valverde dan Quique Setien, Barcelona punya tiga nama top yang sepanjang musim 2019/20 diplot jadi trio maut, yakni Lionel Messi, Luis Suarez dan Antoine Griezmann. Sayang, trio yang disebut trio MSG ini gagal total di musim pertamanya.

Berdasarkan catatan Opta, trio MSG ini bahkan cuma bermain bersama dalam 33,5 persen dari total semua laga Barcelona sepanjang musim kemarin. Bukan cuma itu, trio MSG diketahui bermain bersama-sama selama 90 menit penuh hanya dalam tiga pertandingan saja, yakni melawan Eibar, Atletico Madrid dan Real Sociedad.

Dampak dari buruknya penampilan trio MSG ini membuat Barca, seperti yang sudah diketahui terpaksa menyudahi musim tanpa gelar juara.

Manajemen Blaugrana lalu bergerak cepat dengan melakukan perombakan besar-besar pada skuadnya, termasuk mendatangkan Koeman sebagai pelatih anyar mereka. Pada prosesnya, Koeman lalu mencoret Suarez dari skuad karena dianggap tak masuk dalam rencananya dan memilih mengandalkan Messi, Griezmann dan Ansu Fati di tiga posisi terdepan dalam pola 4-2-3-1.

Pada laga kontra Villareal, Senin (28/9) dinihari WIB, Koeman coba bereksperimen dengan Messi yang kerap mengisi pos penyerang sayap kanan bertukar posisi dengan Griezmann. Messi ditugaskan sebagai false nine dan Griezmann beroperasi di sayap kanan, dengan Ansu Fati tetap bermain di area sayap kiri.


Baca Juga:


Kombinasi trio bentukan Koeman ini lumayan bagus di laga perdananya. Bertanding di Camp Nou, Barcelona bisa melibas Villareal dengan skor telak 4-0 dimana Ansu Fati menjadi bintang lapangan dengan torehan dua gol, adapun Messi mencetak satu gol dan berkontribusi dalam terciptanya gol keempat Barca yang dibuat bek Villareal Pau Torres ke gawangnya sendiri.

Trio Messi-Griezmann-Ansu Fati (GMA) ini diyakini akan terus jadi andalan Koeman dalam mengarungi musim 2020/21 ini. Jika melihat torehan gol ketiganya musim lalu di semua kompetisi Barcelona, personil trio GMA memang belum meyakinkan, yakni Messi 31 gol, Griezmann 15 gol dan Ansu Fati 8 gol.

Namun bicara kualitas, trio ini masih yang paling moncer ketimbang pemain depan Barcelona lainnya seperti Martin Braithwaite, Pedri, Ousmane Dembele dan Francisco Trincao. Barca dan Koeman pun tentu berharap besar kehadiran trio GMA ini bisa mengembalikan kejayaan klub di kancah domestik dan Eropa musim ini. 

Selalu update berita bola terbaru seputar La Liga hanya di Vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here