Meredup Bersama Setien, Ada Apa dengan Frenkie de Jong? - Vivagoal.com
Frenkie de JOng

Meredup Bersama Setien, Ada Apa dengan Frenkie de Jong?

Dimas Sembada - March 3, 2020
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

VivagoalLa LigaGelandang Barcelona, Frenkie De Jong gagal bersinar di era pelatih Quique Setien. Menurut pelatih asal Belanda, Louis Van Gaal, ada sejumlah faktor menyebabkan eks gelandang Ajax Amsterdam itu melempem.

Berposisi sebagai gelandang box to box, De Jong sebenarnya cukup baik dalam mengawal lini tengah Blaugrana baik saat menyerang atau bertahan saat Ernesto Valverde masih menjabat.

Whoscored mencatat, dari aspek offensive, selama Barca dibesut Valverde, De Jong bisa membukukan 85,9% umpan sukses per laga dengan akurasi umpan mencapai 91.1%. Selain itu, De Jong juga memiliki rasio memenangkan duel udara sebanyak 1.5 kali per laga, dan melepaskan 0.8 shot per pertandingan dengan rating 8.32 dari 24 penampilan.

Baca Juga: Terkait Liga Europa, Conte; Kami Akan Mencoba Menenangkannya!

Namun, kedatangan Quique Setien yang mengusung filosofi gaya bermain atraktif dengan tiki taka sebagai pondasinya membuat sinar De Jong pelan-pelan memudar. Di laga melawan Real Madrid akhir pekan kemarin, situs Whoscored sampai memberi De Jong rating hanya 6.40

“De Jong sedang berusaha melakukan pekerjaan yang sangat baik kalau kita mengingat dia baru berusia 22 tahun dan pergi ke negara asing dengan budaya yang berbeda.

“Barcelona menebus De Jong dengan harga amat besar, namun Valverde terus memainkan dia, dan dia berhasil. Tapi sekarang pelatihnya baru, De Jong tidak ada jaminan bakal terus bermain sebagai starter. Di Ajax, semua pemain mencari dia sebagai pusat permainan, tapi tidak demikian di Barcelona. Itu perbedaan besarnya,” kata Van Gaal dilansir dari Sport.

Selalu update berita bola terbaru seputar La Liga hanya di Vivagoal.com