MU Dapat Penalti Saat Laga Sudah Usai, Kok Bisa? - Vivagoal.com
MU Dapat Penalti Saat Laga Sudah Usai, Kok Bisa
Bruno Fernandes Berhasil Membawa MU Menang Atas Brighton Lewat Penalti Di Akhir Laga. Sumber: Premier League

MU Dapat Penalti Saat Laga Sudah Usai, Kok Bisa?

Fido Moniaga - September 27, 2020
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal Liga Inggris – Manchester United berhasil meraih kemenangan atas Brighton & Hove Albion lewat drama VAR yang berbuah penalti. Padahal, laga tersebut sudah sempat dinyatakan berakhir.

Laga Brighton vs MU berlangsung di Amex Stadium, pada lanjutan pekan ketiga Liga Inggris, Sabtu (26/9/2020) malam WIB. Sepanjang 90 menit pertandingan berlangsung, kedua tim saling berbalas gol hingga menit akhir.

Berawal dari gol yang dicetak oleh Neal Maupay di menit ke-40 melalui titik putih, MU kemudian membalas lewat gol bunuh diri Lewis Dunk tiga menit berselang. Memasuki babak kedua, Marcus Rashford bisa membalikkan keadaan jadi 2-1 untuk MU pada menit ke-55.

Laga lalu berjalan ketat hingga akhirnya Solly March bisa membawa Brighton kembali menyamakan kedudukan jadi 2-2 di menit ke-95. Usai gol tersebut, wasit lalu meniupkan peluit panjang dan para pemain Brighton pun merasakan keberhasilannya mencuri satu poin atas MU.

Namun pada momen ini, drama VAR dimulai. Pemain MU melakukan protes kepada wasit karena merasa sundulan Harry Maguire pada menit ke-97 sempat mengenai tangan Neil Maupay. Wasit kemudian mengecek VAR dan memutuskan untuk menganulir peluit panjang kemudian memberi MU penalti.


Baca Juga:



Pada akhirnya MU benar-benar bisa meraih kemenangan 3-2 usai eksekusi tendangan penalti Bruno Fernandes berhasil bersarang ke gawang Brighton.

Perdebatan pun terjadi sebab MU mendapat penalti saat laga sudah dinyatakan selesai. Namun IFAB (Dewan Asosiasi Sepakbola International) mengatakan bahwa VAR bisa membatalkan laga yang sudah habis dan melanjutkan laga sesuai peristiwa terakhir.

Untuk kasus handball Neil Maupay yang terjadi sebelum peluit panjang dibunyikan wasit, artinya pelanggaran terjadi saat masih laga berlangsung dan VAR bisa atau berhak meninjaunya kembali. Setelah ditinjau, wasit berhak melanjutkan pertandingan sesuai hukum pertandingan yang berlaku.

“Proses peninjauan harus diselesaikan se-efisien mungkin. Tetapi akurasi keputusan akhir tetap lebih penting. Untuk alasan ini dan karena beberapa situasi rumit dengan beberapa insiden yang musti ditinjau, maka tidak ada batasan waktu maksimum untuk proses review.” isi pernyataan IFAB.

“Wasit kemudian bisa mengambil/merubah/membatalkan setiap tindakan disipliner jika sesuai dan memulai kembali permainan sesuai dengan hukum permainan.” jelas IFAB.

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Inggris hanya di Vivagoal.com