Pecahkan Rekor, Lewandowski Layak Diganjar Ballon d'Or - Vivagoal.com
Pecahkan Rekor, Lewandowski Layak Diganjar Ballon d'Or
Sumber: goal.com

Pecahkan Rekor, Lewandowski Layak Diganjar Ballon d’Or

Catrine Mega - November 29, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal Bundesliga – Pengumuman pemenangan Ballon d’Or 2021 sudah di depan mata. Robert Lewandowski masih jadi kandidat utama untuk menangkan penghargaan.

Penghargaan bagi pesepak bola terbaik dunia ini akan digelar oleh French Football, Senin (29/11). Meski belum dimulai, sudah banyak desas-desus yang beredar soal pemenang penghargaan tersebut, salah satunya adalah kabar yang viral di Twitter beberapa hari lalu yang umumkan Lionel Messi sebagai pemenang.

Walaupun Messi berhasil mengantarkan Argentina untuk juarai Copa Amerika 2021, para pengamat sepak bola dan para legenda sepak bola banyak yang mendukung Lewandowski untuk raih penghargaan tersebut. Pria asal Polandia ini sudah memberikan kontribusi yang besar bersama Die Roten sejak musim 2019/2020.


Baca juga:


Lewandowski mencatatkan dirinya sebagai pencetak gol terbanyak dalam satu musim kemarin dengan torehan 41 gol di Bundesliga, mengalahkan rekor Gerd Muller yang mencatatkan torehan 40 gol dalam satu musim. Selain itu, Lewandowski juga catatkan rekor dengan membawa Bayern Munich juarai Bundesliga sembilan musim berturut-turut.

Prestasi yang diraih Lewandowski sekarang ini dimulai dari sejarah yang panjang. Lewandowski memulai karirnya di dunia sepak bola bersama Delta Warsawa sejak 1997. Sejak usia muda, Lewandowski sudah menunjukkan kebolehannya dalam membobol jala lawan. Bersama Znicz Pruszkow, salah satu klub asal Polandia, Lewandowski mencatatkan namanya sebagai top scorer dua musim berturut-turut, yakni pada musim 2006/2007 dan 2007/2008.

Tahun 2010, Lewandowski memulai karirnya di Bundesliga bersama Borussia Dortmund. Prestasinya bersama tim terdahulunya tidak begitu saja membuat pelatih Dortmund pada masa itu, Jurgen Klopp, untuk memainkannya sebagai pemain lapis utama. Lewandowski hanya dijadikan pemain lapis kedua Lucas Barrios yang saat itu merupakan striker utama Dortmund.

“Dua tahun saya berada di bawah bayang-bayang pemain senior saat bergabung dengan Dortmund,” ungkap Lewandowski pada BBC di tahun 2019.

Meski begitu, Lewandowski mengakui bahwa di bawah asuhan Klopp, permainannya lebih berkembang. Jurgen Klopp melihat bakat dari Lewandowski dan berhasil mengeluarkan kemampuan terbaik pemain asal Polandia itu.

Empat tahun berselang, setelah sumbangkan 103 gol dari 187 penampilannya bersama Borussia Dortmund, Lewandowski bergabung dengan Bayern Munich dan mencatatkan banyak rekor yang tidak akan mudah disaingi pesepak bola manapun.

Salah satu rekor tersebut adalah torehan 5 golnya lawan FC Augsburg hanya dalam waktu 9 menit di musim kompetisi 20/21. Pep Guardiola, manager FC Bayern saat itu, bahkan tidak bisa memercayai keajaiban tersebut.

“Ini merupakan pengalaman baru bagi saya,” ujar Pep Guardiola yang sudah berpengalaman dengan pemain berbakat lainnya, seperti Lionel Messi, Andres Iniesta, dan Xavi Hernandez.

Rekor-rekor mencengangkan yang diraih Lewandowski ini tentunya layak diganjar Ballon d’Or 2021, apalagi setelah tahun lalu penghargaan tersebut ditiadakan dengan alasan pandemi COVID-19.

Selalu update berita bola terbaru seputar Bundesliga hanya di Vivagoal.com