Penting Mana Buat City dan Liverpool, Liga Champoions atau Liga Inggris? - Vivagoal.com
Penting Mana Buat City dan Liverpool, Liga Champoions atau Liga Inggris
Man City vs Liverpool, Foto: dok Goal

Penting Mana Buat City dan Liverpool, Liga Champoions atau Liga Inggris?

A Hendra - April 13, 2022
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – Liga InggrisManchester City dan Liverpool masih berpeluang menjodohkan trofi Liga Inggris dan Liga Champions. Namun yang jadi pertanyaan kemudian, trofi mana yang bakal diprioritaskan oleh keduanya.

Sejak kedatangan Pep Guardiola pada awal musim 2016/2017 silam, persaingan Manchester City vs Liverpool terus berjalan sengit dalam kurun waktu lima musim terakhir. Bersama Jurgen Klopp yang lebih dulu datang ke Inggris tahun 2015, Guardiola dengan Man City menjelma menjadi dua tim yang begitu dominan di kancah domestik.

Meski Premier League dihuni banyak tim-tim top seperti Chelsea, Arsenal, Tottenham Hotspur hingga Manchester United, namun keberadaan Guardiola dan Klopp membuat Liga Inggris seperti hanya didominasi dua tim, yakni Man City dan Liverpool.

Usai Bermain Imbang 2-2, City dan Liverpool Kompak Bikin Rekor Baru
Man City vs Liverpool, Foto: dok Bola Okezone

Sebagai bukti, dalam kurun waktu empat musim terakhir, Man City mampu menyabet tiga trofi Liga Inggris. Tercatat hanya Liverpool pada musim 2019/2020 yang bisa merusak dominasi The Citizens dengan menjadi juara EPL.

Tapi meski terlihat City begitu dominan atas Liverpool, namun pencapaian The Reds sejatinya masih lebih bagus karena telah bisa menjuarai Liga Champions pada musim 2018/2019. Di sisi lain, City dibawah arahan Pep Guardiola sejauh ini tak kunjung mampu menjadi jawara di kancah Eropa.

Pencapaian terbaik mereka hanya finalis Liga Champions musim 2020/2021. Kini, keduanya bersaing untuk bisa mengawinkan dua trofi bergengsi tersebut. Tapi yang jadi masalah adalah sangat jarang ada tim yang mampu menjuarai kompetisi domestik dan Liga Champions pada musim yang sama.


Baca Juga:


Situasi ini kemudian dianalisis oleh Gary Neville. Menurutnya, Man City besar kemungkinan akan lebih mengutamakan trofi Liga Champions. Meski tentu mereka tetap akan serius untuk memenangkan Liga Inggris. Berbeda dengan Liverpool yang diklaim membidik keduanya demi menegaskan statusnya di hadapan City.

“Saya kira keduanya adalah tim hebat, khususnya Liverpool yang sudah menjuarai Liga Champions dan Liga Inggris. Setelah meraih dua gelar itu, lalu mencoba meraihnya lagi, tentu akan membuat status mereka semakin kuat,” kata Neville dikutip dari Sky Sports.

“Jelas, bagi Man City, menjuarai Liga Champions bakal lebih berarti.” (IRM)

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Inggris hanya di Vivagoal.com