Pertahanan Keropos, Klopp Diminta Ganti Formasi - Vivagoal.com
Pertahanan Keropos, Klopp Diminta Ganti Formasi
Liverpool Babak Belur Setelah Digasak Aston Villa 7-2, Senin (5/9). Sumber: The Irish Sun

Pertahanan Keropos, Klopp Diminta Ganti Formasi

Fido Moniaga - November 12, 2020
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – Liga Inggris – Mantan pemain Liverpool, Steve Nicol menyarankan Jurgen Klopp untuk mengubah formasi setelah banyaknya pemain belakang yang cedera.

Posisi pertahanan Liverpool tengah dihantam badai cedera. Situasi sulit pertama terjadi ketika Virgil Van Dijk cedera ACL dan harus menepi setidaknya enam bulan. Nama-nama lain seperti Fabinho dan Trent Alexander-Arnold pun menyusul ke ruang perawatan.

Kini, situasi semakin sulit bagi Liverpool. Mereka baru saja kehilangan Joe Gomez yang cedera saat mengemban tugas membela Timnas Inggris.

Nicol kemudian menyebut ini adalah bencana bagi Liverpool. Praktis mereka kini memiliki Joel Matip di jantung pertahanan yang bisa digabungkan dengan para pemain muda yang belum teruji yakni Rhys Williams dan Nathaniel Phillips.

“Ini sebuah bencana. Anda berbicara tentang tiga dari empat pemain belakang hilang dalam waktu enam minggu,” kata Nicol kepada ESPN.


Baca Juga:



‘Virgil van Dijk, jelas, itu benar-benar bencana. Tumbangnya Alexander-Arnold membuat segalanya menjadi lebih sulit. Tapi Joe Gomez cedera sekarang, apa yang akan mereka lakukan?”

“Mereka punya beberapa pemain muda seperti Williams dan Phillips. Ada Matip yang tidak bisa bermain penuh selama lebih dari 90 menit dalam satu waktu. Atau tentu saja dua kali 90 menit.”

Situasi tersebut membuat Klopp harus bertindak cepat. Nicol pun menyarankan agar pelatih asal Jerman tersebut mengganti formasi dengan tiga bek dan menumpuk pemain di posisi gelandang.

“Apa yang akan mereka lakukan? Saya benar-benar tidak tahu. Klopp harus membuat rencana yang jenius,” lanjutnya.

“Mungkin mereka harus menggunakan tiga pemain di belakang, memiliki lebih banyak orang di tengah untuk menghentikan lawan mendekat di barisan belakang.”

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Inggris hanya di Vivagoal.com