PSG di Atas Madrid dalam Daftar Gaji Pemain Tertinggi di Eropa - Vivagoal.com
PSG di Atas Madrid dalam Daftar Gaji Pemain Tertinggi di Eropa
Paris Saint germain, Foto: dok sportstars.id

PSG di Atas Madrid dalam Daftar Gaji Pemain Tertinggi di Eropa

A Hendra - January 19, 2022
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

VivagoalLigue 1 – Paris Saint-Germain tercatat sebagai klub dengan pengeluaran gaji tertinggi per minggunya di lima liga top Eropa. Tak main-main, Les Parisiens harus mengeluarkan dana sebesar Rp 95 M per pekan untuk membayar gaji seluruh pemainnya.

Paris Saint-Germain diakusisi oleh Qatar Sports Investment pada 2011 silam. QSI diketahui membeli hingga 70 persen saham PSG. Sejak itu, PSG menjelma menjadi raksasa Liga Prancis yang dimodali uang dari taipan asal Qatar, Nasser Al-Khelaifi.

Nasser Al-Khelaifi yang menjabat sebagai presiden PSG juga merupakan presiden Qatar Sports Investment, sebuah konsorsium dana kekayaan Qatar yang bergerak di bidang olahraga, rekreasi, dan hiburan tingkat nasional serta internasional.

Tak heran dengan kucuran dana berlimpah, dalam satu dekade terakhir PSG menjadi tim bertabur bintang. Ada banyak pemain top yang direkrut dengan iming-iming gaji besar.

Berdasarkan laporan Daily Mail, PSG secara keseluruhan harus mengeluarkan dana hingga 4,5 juta pound sterling atau sekitar Rp 95 M per pekan hanya untuk pembayaran gaji pemain. Dalam sebulan, total pengeluaran PSG untuk gaji menyentuh angka Rp 380 M.


Baca Juga:


Ada pun pemain dengan gaji tertinggi di PSG salah satunya adalah Lionel Messi dengan Rp 18,7 M per pekan, disusul Neymar dengan Rp 11,8 M, kemudian ada Kylian Mbappe dengan Rp 8 M dan Sergio Ramos yang dibanderol dengan Rp 6 M per minggunya.

Menurut Daily Mail, total pengeluaran gaji PSG selama sepekan ini menjadi yang terbanyak di lima liga top Eropa. Mereka mengalahkan klub-klub raksasa Eropa lainnya seperti Real Madrid, Barcelona, Manchester United dan Juventus.

Masalah financial Fair Play pun kerap jadi sorotan. Banyak tudingan yang menganggap PSG bermain curang untuk bisa merekrut banyak pemain top. Presiden El Real, Florentina Perez adalah salah satunya yang menilai Les Parisiens merupakan klub gila yang dimiliki oleh negara.

“Saat ini ada klub-negara yang gila, dan mereka tidak akan menjual pemain kepada Anda. Saatnya juga akan tiba di mana 30 klub top di Eropa akan dimiliki oleh negara. Itu bukan awal dari komunitas Eropa.” kata Florentino Perez.

Selalu update berita bola terbaru seputar Ligue 1 hanya di Vivagoal.com