PSSI Berangkatkan 24 Pemuda Tuk Berlatih di Inggris

0
106
24 Pemuda Berangkat Melalui Garuda Select

VivagoalLiga Indonesia – PSSI akan memberangkatkan 24 pesepakbola Indonesia U-16 ke Inggris pada 15 Januari mendatang. Program yang dinamai Garuda Select tersebut diharapkan mampu mengangkat prestasi Tim Nasional Indonesia di masa mendatang.

Sekjen PSSI, Ratu Tisha menjelaskan, program Garuda Select merupakan program beasiswa jangka panjang PSSI yang diharapkan bisa memuluskan tujuan Timnas Indonesia lolos ke Olimpade Paris 2024 dan Piala Dunia 2030. Dan sehingga nantinya Indonesia memiliki pemain yang siap bersaing di dunia internasional.

“Proses seleksi Garuda Select sudah dilakukan sejak Piala Soeratin U-13 dan U-17, dan juga di kompetisi usia muda seperti Liga 1 U-16. Dimana pemain yang sudah terpilih akan diberangkatkan ke Inggris untuk berlatih,” ujar Tisha saat jumpa pers di Hotel Mulia, Jakarta.

Tisha menambahkan Garuda Select akan dibimbing langsung oleh pelatih dan staff profesional. Pada batch perdana ini, Des Walker, mantan pemain Nottingham Forest ditunjuk menjadi pelatih kepala. Sedangkan, Dennis Wise, mantan pemain Chelsea, dipilih menjadi Direktur Teknik program Garuda Select.

Baca Juga :  Marotta: Tak Perlu Khawatir, Icardi Tetap Bertahan di Inter

Terpilihnya Inggris sebagai negara tujuan Garuda Select diakui Tisha karena FA Inggris memiliki program pembinaan pemain muda terbaik di dunia. Tak hanya itu, infrasturktur menjadi alasan PSSI memilih Inggris sebagai negara tujuan.

Hal senada diungkapkan Dennis Wise, menurutnya para pemain terpilih tersebut nantinya akan memakai infrasturktur klub professional Inggris. Dimana nantinya mereka akan digembleng secara fisik dan juga taktik untuk meningkatkan kemampuan dalam mengolah bola.

“Intinya kami akan meningkatkan individu pemain terutama mengenai pemahaman mereka terhadap sepak bola. Sehingga para pemain muda tersebut bisa bermain disemua taktik yang diterapkan pelatih manapun,” tutur Dennis.

Sementara itu, Des Walker menjelaskan program Garuda Select bukanlah program senang-senang. Para pemain nantinya akan digembleng secara fisik dengan dibantu 8 orang pelatih lokal dari Inggris dan teknologi yang mumpuni.

Baca Juga :  Raih Kemenangan, Liverpool Semakin Kokoh di Puncak

“Dasarnya adalah fisik yang akan kami tingkatkan. Kami akan menggunakan GPS dan Software untuk memantau perkembangan para pemain. Para pemain sendiri bisa melihat sejauh mana perkembangan mereka dan seberapa jauh dampaknya bagi tim,” ujar Walker.

Sekembalinya ke Indonesia nanti ke 24 pemain yang diberangkatkan ke Inggris tersebut akan kembali ke klubnya masing-masing. Tak menutup kemungkinan juga pemain yang berprestasi akan meneruskan karir di Inggris yang kewenangannya dikembalikan ke klub.

Berikut daftar 24 Pemain Garuda Select: 1. Ahludz Dzikri 2. Risky Muhammad Sudirman 3. Ernando Ary Sutaryadi 4. Amiruddin Bagas Kaffa 5. Kartika Vedhayanto 6. Liba Valentino 7. Yudha Febrian 8. Reza Fauzan 9. Komang Teguh Trisnanda 10. Fadhila Nurrachman 11. Vito Redi Candra 12. M. Salman Alfarizi 13. Brylian Aldama 14. David Maulana 15. Sandy Arta Samosir 16. Alif Zaelani 17. Andre Oktaviansyah 18. Braif Fatari 19. Mochamad Supriadi 20. M Fajar Faturrahman 21. Yadi Mulyadi 22. Amiruddin Bagus Kahfi 23. Sutan Diego Zico 24. Amannar Abdillah.

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Indonesia hanya di Vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here