Punya Rekor Mentereng, Barcelona Menyesal Pecat Valverde?

0
31
Meski Dipecat, Valverde Kukuhkan Catatan Manis di Barcelona, Apa Itu?

VivagoalLa LigaErnesto Valverde resmi diputus kontrak karena dianggap gagal memenuhi ekspektasi para petinggi klub dan fans Barcelona. Namun siapa sangka, Valverde ternyata pelatih punya catatan apik selama membesut Los Cules. 

Dikutip Marca, Valverde berhasil menduduki peringkat kelima dalam daftar pelatih sepanjang sejarah Barcelona yang bisa meraih persentase kemenangan terbanyak di LaLiga Spanyol.

Pelatih berusia 56 tahun tersebut berada di urutan kelima dengan koleksi 66 kemenangan dari total 95 pertandingan yang dilakoni di ajang Liga Spanyol atau setara dengan 69,5%. Capaian ini membuat Valverde jauh lebih baik dari beberapa pelatih sebelumnya, seperti Frank Rijkaard dan Louis Van Gaal.

Valverde hanya kalah dari Gerardo Martino yang punya persentase kemenangan sebesar 71%, lalu ada Luis Enrique yang punya 76,3%, Josep Guardiola dengan 76,3% dan Tito Vilanova yang bisa mengoleksi kemenangan hingga 92,1%.

Selain masuk dalam daftar pelatih Barcelona dengan kemenangan terbanyak, Valverde ternyata juga masih dalam 5 pelatih dengan kemenangan terbanyak di Spanyol.


Baca Juga: 


Di urutan pertama ada pelatih legendaris Spanyol, Luis Aragones dengan total 344 kemenangan saat membesut Atletico Madrid dan membantu klub tersebut meraih 7 trofi. Selain itu, Aragones juga sempat melatih Barcelona satu musim. Di posisi kedua ada Miguel Munoz, pelatih legendaris Real Madrid dengan total kemenangan di LaLiga mencapai 323 kemenangan.

Kemudian ada Javier Irureta dengan total 259 kemenangan. Dia mulai dikenal saat membawa Deportivo La Coruna meraih juara LaLiga musim 1999/2000. Di urutan keempat ada Ferdinand Daucik dengan 234 kemenangan. Daucik menjadi pelatih beberapa klub di LaLiga dari era 50-an sampai 70-an seperti Barcelona, Athletic Bilbao, Atletico Madrid dan Real Zaragoza.

Ernesto Valverde menduduki peringkat kelima dengan 213 kemenangan di LaLiga. Selain Barcelona, Valverde juga pernah membesut Atheltic Bilbao, Valencia, Villareal dan Espanyol. Ia mulai klub di LaLiga pada tahun 2002, namun ia baru meraih trofi perdananya pada 2015 silam saat membesut Athletic Bilbao.

Selalu update berita bola terbaru seputar La Liga hanya di Vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here