5 Suporter Terfanatik di Seluruh Dunia

0
1429
5 suporter fanatik

Vivagoal – 5 Fakta – Berbicara tentang sepak bola pasti akan selalu melibatkan sosok yang tak kalah penting dari sebuah tim, yaitu pemain ke-12 atau para suporter. Kehadiran para supporter ini kerap kembali membuat para pemain merasakan semangat tambahan dari dukungan yang mereka berikan.

Para pemain ke-12 ini bahkan sangat bangga dan setia menggunakan atribut dengan logo tim kesayangan mereka yang menempel di dada. Mereka pun tak sungkan untuk mengeluarkan uang demi tim kebanggannya.

Mereka rela menggunakan uang mereka untuk membeli tiket pertandingan, membeli jersey dengan lambang tim mereka, hingga harus keluar kota bahkan luar negeri demi mengawal dan memberikan dukungan kepada tim kesayangan mereka.

Tidak hanya sampai disana, pemain ke-12 ini juga rela untuk mengeluarkan tenaga mereka dengan melantangkan chant dan gerakan-gerakan serempak, hingga koreografi yang membentuk suatu gambar untuk menyemangati para pemain.

Oleh karena itu, berikut ini lima suporter yang fanatik dalam dunia sepak bola, silahkan disimak siapa tahu ada tim kebanggaanmu.

  1. Borussia Dortmund (Jerman)

DortmundPara pendukung tim yang berseragam kuning hitam asal Jerman ini memiliki julukan sebagai Die Borussen. Dilansir dari IDN Times pendukung setia Dortmund ini dikategorikan sebagai penonton yang terfanatik di Jerman. Hampir setiap laga di Stadion Signal Iduna Park tribunnya selalu dipenuhi mereka.

Bahkan mereka memiliki tribun khusus yang menampilkan hal-hal fantastis untuk tim yang berdomisili di North Rhine-Westphalia itu. Tribun itu berjuluk sebagai Yellow Wall Dortmund. Tribun ini dikabarkan tak pernah sepi dari lantunan chant dan koreografi.


Baca Juga:


Fanatisme yang selalu ditampilkan membuat pemain baru Dortmund, Erling Haaland terkagum-kagum pada Yellow Wall Dortmund. Haaland mengungkapkan bahwa apa yang disajikan di sana adalah pemandangan terhebat dalam hidupnya.

“Sejujurnya ini adalah satu momen terhebat dalam hidup saya. Ketika melihat Yellow Wall itu hal yang menakjubkan. Aku bahkan tidak bisa mengungkapkannya dengan kata-kata,” ucap Haaland dalam situs resmi Dortmund.

  1. Liverpool (Inggris)

LiverpoolUrutan kedua ada tim asal Inggris, Liverpool. Liverpool memiliki suporter bernama Kopites. Kefanatikan mereka di tanah Inggris sudah tidak diragukan lagi. Dalam laga yang diselenggarakan di Anfield selalu di buat ‘merah’ oleh Kopites.

Walau dalam beberapa dekade terakhir The Reds selalu raih hasil minor, Kopites tetap meramaikan tribun dan tetap mengumandangkan chant untuk Liverpool. Di samping itu, mereka juga tak henti-henti meneriakkan “You’ll Never Walk Alone”.

Penantian Liverpool perlahan mulai terbayarkan oleh juru taktik asal Jerman, Jurgen Klopp. Mantan bos Dortmund ini sudah mampu berikan gelar bergengsi yaitu, Liga Champion di musim lalu untuk The Reds.

Sebelum laga ditunda karena wabah virus corona, The Reds hanya memerlukan enam poin untuk raih gelar Liga Inggris yang sudah dinantikan sejak 30 tahun silam ini. Sebenarnya Liverpool berpeluang besar untuk raih gelar juara ini pada enam tahun silam di bawah asuhan Brendan Rodgers.

Tapi insiden kapten legenda Liverpool, Steven Gerrard yang terpeleset kala menjamu Chelsea digadang sebagai penyebab Liverpool telan kekalahan. Karena hasil itu membuat Manchester City memperkecil jaraknya. Nahasnya pada laga selanjutnya Liverpool ditahan imbang oleh Crystal Palace, dengan hasil itu pun menjadikan The Citizens keluar sebagai juara Liga Inggris musim 2013/2014.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here