Sarri-Guardiola Disebut Miliki Banyak Kemiripan, Benarkah?

0
26
Sarri-Guardiola Disebut Miliki Banyak Kemiripan, Benarkah?

Vivagoal Serie ABek Juventus yang pernah memperkuat Manchester City, Danilo menyebut ada banyak kesamaan antara Maurizio Sarri dan Pep Guardiola. Hal tersebut pada akhirnya membuatnya lebih cepat beradaptasi di tim asal Kota Turin itu.

Kedua nama pelatih tersebut sudah sejak lama disebut memiliki kemiripan dalam hal taktik. Guardiola terlebih dulu terkenal dengan tiki-taka, sedang Sarri mulai mencuri perhatian dengan Sarri-ball kala memebesut Napoli dan Chelsea.

Kedua taktik yang ada di atas menekankan pemain untuk mendominasi penguasaan bola namun tak berlama-lama membawa bola. Tetapi, perbedaannya menurut beberapa orang, bola dalam skema ‘Sarriball’ bergerak secara horizontal, sementara ‘Tiki-taka’ bergerak vertikal. Keduanya juga dikenal sebagai pelatih yang sangat fokus pada detail. Hal tersebut terasa tak mengherankan karena keduanya pernah berguru pada orang yang sama yakni Arigio Sachi.

Penjelasan singkat tersebut juga menjadi alasan Danilo lebih mudah untuk beradaptasi di Juventus. Seperti yang diketahui, Danilo merupakan rekrutan dari Manchester City pada musim panas kemarin.

Baca Juga:  Tak Ada Sanksi, Juventus Hanya Tuntut Ronaldo Minta Maaf

“Sarri memiliki gagasan yang modern, dia senang mempertahankan garis pertahanan yang tinggi dan menginginkan kami menguasai bola,” tutur Danilo kepada Globo Esporte.

“Dalam kasus ini, tidak banyak perubahan untuk saya dan saya merasa sangat termudahkan. Sarri dan Guardiola sangat mirip dari berbagai sisi, terutama soal ketelitian dalam pendekatan taktik dan pergerakan masing-masing pemain,” lanjutnya.

Meski demikian Danilo tak menampik ada sedikit perbedaan diantara keduanya. Namun perbedaan tersebut masih terbilang wajar selama membuat tim berkembang lebih baik.

“Semuanya terasa begitu mekanis di City, bekerja pada setiap langkah dan setiap inci. Di sisi lain, Sarri lebih elastis, ia memberikan kebebasan kepada inisiatif dari setiap individu,” tambahnya.

“Bagaimanapun juga, model permainan keduanya tetap sama dan membutuhkan waktu untuk terbiasa dengan itu. Butuh waktu dua tahun [untuk terbiasa] dengan Guardola. Saya pikir Juventus ini, terlepas belum lama bersama mereka, sedang berada di jalur yang tepat,” tutupnya.

Selalu update Serie berita bola terbaru seputar Serie A hanya di Vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here