Sedang Krisis Keuangan, Kok Juventus Bisa Beli Mahal Vlahovic? - Vivagoal.com
Andai Vlahovic Sulit Didatangkan, Arsenal Buru Tiga Calon Penyerang Lain
Dusan Vlahovic, Foto: dok Monitor Indonesia

Sedang Krisis Keuangan, Kok Juventus Bisa Beli Mahal Vlahovic?

Irman Maulana - January 26, 2022
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – Serie A – Selangkah lagi Dusan Vlahovic segera menjadi punggawa anyar Juventus pada bursa musim dingin ini. Namun yang jadi pertanyaan, bagaimana Juventus membayar transfer mahal pada Fiorentina, ditengah krisis finansial yang membelit mereka selama pandemi virus covid-19?

Sejumlah laporan menyebut, jika kesepakatan antara Juventus dengan Fiorentina soal Dusan Vlahovic bernilai 67 juta euro (Rp. 1,08 triliun), plus sejumlah bonus yang total mencapai 75 juta euro. Nilai tersebut merupakan harga tawar yang juga dilepaskan oleh Arsenal, Newcastle, Tottenham, maupun Atletico.

Menurut Sky Sport Italia, perwakilan dari Vlahovic kini sudah berada di Kota Turin dan bersiap mengadakan pertemuan besok pagi waktu setempat. Namun sejumlah detil kesepakatan Vlahovic ini justru sudah menyeruak ke ranah publik.

Vlahovic disebut bakal mendapatkan kontrak dari Juventus empat tahun hingga Juni 2026, dengan nilai sebesar 7 juta euro (Rp. 113 miliar) per musim. La Gazzetta dello Sport melakukan kalkulasi antara gaji dan nilai transfer Vlahovic, yang diyakini total sebesar 125 juta euro (Rp. 2,02 triliun).

Terkait Mundurnya Enam Tim Inggris, Bos Juventus Beberkan Fakta Mengejutkan
Presiden Juventus, Andrea Agnelli (Photo: Getty Images via Liga Olahraga)

Jumlah yang luar biasa jika mengingat Juve yang harus mengalami defisit 210 juta euro (Rp. 3,39 triliun) di musim 2020/21 lalu. Sedangkan pada musim 2019/20, Juve mendapat defisit sebesar 90 juta euro.

Laporan tersebut menulis bahwa Juventus merasa perlu memboyong Vlahovic demi terhindar dari kerugian lebih besar, seperti gagal lolos ke Liga Champions. Seperti yang diketahui, tim perserta setidaknya bisa mendapat dana segar 80 juta euro per musim, andai lolos hingga 16 Besar Liga Champions.

Selain itu, kesepakatan dengan Fiorentina bisa serupa ketika Juve memboyong Federico Chiesa atau Manuel Locatelli dari Sassuolo. Si Nyonya Tua membayarkan transfer dengan beberapa kali angsuran selama bertahun-tahun.


Baca Juga:


Calcio e Finanza menyebut, Juve mendapat suntikan dana dari pihak investor sebesar 400 juta euro pada awal Januari ini. Dana itu membantu pembayaran biaya pinjaman menenangah pada bank sebesar 175 juta euro. Kemudian 145 juta euro dari total suntikan awal tersebut, untuk digunakan kebutuhan keuangan tim selama 12 bulan kedepan, termasuk soal transfer pemain.

Namun, mereka bisa mendapat jalan pintas lain, yakni dengan mengajutkan pemotongan gaji sejumlah pemain, yang sekarang tengah negosiasi kontrak baru. Hal tersebut lalu menimbulkan pertanyaan soal nasib Paulo Dybala, yang perbincangan kontraknya baru akan berlanjut Bulan Februari.

Pembelian Vlahovic ini pun bisa jadi alat ‘bersih-bersih’ dari pemain yang tidak Juventus inginkan sekarang. Sehingga, Juve lebih muda menentukan berapa nilai yang pantas didapatkan oleh Dybala pada kontrak barunya nanti.

Selalu update berita bola terbaru seputar Serie A hanya di Vivagoal.com